kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Askrindo Dukung Penguatan Bisnis UMKM Lewat Program Penjaminan KUR


Rabu, 15 Juni 2022 / 21:02 WIB
Askrindo Dukung Penguatan Bisnis UMKM Lewat Program Penjaminan KUR
ILUSTRASI. Askrindo Dukung Penguatan Bisnis UMKM Lewat Program Penjaminan KUR


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Berbagai langkah yang dilakukan pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2022 telah memberikan hasil berupa pertumbuhan perekonomian sebesar 5,01% year on year (yoy). 

Selain itu, menguatnya daya beli masyarakat turut mendorong peningkatan inflasi April yang bertepatan dengan momen Ramadan tahun 2022. Kondisi ini menjadi penanda bahwa daya beli masyarakat di masa ramadan dan lebaran telah kembali ke level pra-pandemi. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, menyatakan dalam siaran persnya bahwa dari sisi sektoral, ekonomi Indonesia pada kuartal I 2022 didominasi oleh Industri Pengolahan sebesar 19,19%, dan diikuti oleh sektor Perdagangan. 

“Dalam sektor tersebut, UMKM tentunya turut berkontribusi dalam mendukung pemulihan pertumbuhan perekonomian,” jelasnya. 

Pemerintah juga terus mengakselerasi berbagai langkah dukungan bagi para pelaku ekonomi agar segera pulih dari dampak pandemi Covid-19 melalui Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun 2022. Di tahun 2022, pemerintah menargetkan penyaluran KUR sebesar Rp 373 triliun yang akan disalurkan oleh perbankan.

Baca Juga: Askrindo Syariah Memperkuat Kerjasama dengan Bahana Artha Ventura

PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) yang merupakan Anggota Holding Asuransi dan Penjaminan, Indonesia Financial Group (IFG) juga mendukung pemulihan ekonomi melalui program Penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Penjaminan Kredit Modal Kerja (KMK) dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

Askrindo berperan dalam membantu akses permodalan UMKM ke perbankan untuk mendapatkan fasilitas KUR dan fasilitas KMK PEN serta menjamin risiko gagal bayar atas kredit yang akan disalurkan perbankan ke UMKM.

Besarnya penyerapan diberbagai sektor menjadi indikasi semakin kuatnya pemulihan daya beli masyarakat serta gerak perekonomian yang semakin membaik. 

Sejalan dengan hal tersebut, kinerja Penjaminan KUR PT Askrindo pun turut mengalami peningkatan. Sejak Januari-Mei 2022, PT Askrindo berhasil merealisasikan Penjaminan KUR sebesar Rp 62,6 triliun atau 33,5% dari total target Penjaminan KUR Askrindo tahun 2022 sebesar 186,5 triliun dengan jumlah UMKM selama Januari-Mei 2022 sebanyak 1.346.897 debitur.  

PT Askrindo juga berhasil merealisasikan Penjaminan KMK PEN sepanjang 2020 – 2021 sebesar Rp. 20,9 Triliun dengan jumlah UMKM sebanyak 34.005 debitur. 

Baca Juga: Bakal Akuisisi Mandiri Inhealth, IFG Benahi Lini Bisnis Anak Usahanya

Direktur Operasional PT Askrindo, Erwan Djoko Hermawan menyatakan, di tahun ini, berbagai strategi telah dipersiapkan Askrindo untuk mendukung target penyaluran KUR nasional, diantaranya refreshmen dan sosialisasi kebijakan dan produk KUR kepada mitra bank penyalur KUR agar akseptasi maupun pelayanan klaim dapat dilaksanakan sesuai SLA yang disepakati.

“Dukungan pengembangan sistem operasional Penjaminan KUR melalui pemanfaatan teknologi host to host untuk klaim dan subrogasi online. Serta berperan dalam pengembangan dan pendampingan UMKM yang melibatkan pemangku kebijakan serta bank penyalur dengan tujuan terciptanya pelaku usaha UMKM yang sehat dan kuat, serta sebagai media untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM mendapatkan dukungan fasilitas keuangan dari bank penyalur,” ujar Erwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×