kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aturan Baru Bunga Fintech Tak Terlalu Berdampak Terhadap Kinerja Akseleran


Senin, 27 November 2023 / 12:44 WIB
Aturan Baru Bunga Fintech Tak Terlalu Berdampak Terhadap Kinerja Akseleran
ILUSTRASI. Akseleran (AKSL) menilai penurunan bunga fintech mulai 2024 tak terlalu berdampak terhadap kinerja perusahaan.


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Akselerasi Usaha Indonesia Tbk atau Akseleran (AKSL) menilai penurunan bunga pinjaman online (pinjol) yang dimulai pada 2024 tak terlalu berdampak terhadap kinerja perusahaan.

Group CEO Akseleran Ivan Nikolas Tambunan mengatakan hal itu karena bunga produk utama perusahaan di bawah 2% per tahun. Menurutnya, yang terdampak hanya pinjaman Akseleran untuk UKM kecil, seperti online merchant.

"Namun, jumlahnya tidak terlalu banyak di kami," ucapnya kepada Kontan.co.id, Minggu (26/11).

Ivan tak mempermasalahkan aturan baru penurunan bunga pinjol untuk produktif di angka 0,1% per hari mulai 1 Januari 2024. Namun, dia menganggap untuk 0,067% per hari yang mulai berlaku pada 1 Januari 2026 dinilai bisa memberatkan industri. 

Baca Juga: Suku Bunga Tinggi Jadi Tantangan Tersendiri Bagi Fintech Danamas

"Perlu diingat bahwa pinjaman produktif fintech lending tidak menggunakan agunan berupa fixed asset, sehingga dari sisi risiko berbeda," katanya.

Ivan juga menyampaikan agar kinerja tidak menurun, penting bagi platform punya cost of fund yang juga rendah. Dengan demikian, bunga ke borrower juga bisa lebih rendah. 

Agar cost of fund rendah, Ivan menyebut platform fintech juga perlu punya Non Performing Loan (NPL) yang rendah, sehingga perlu menerapkan asesmen pinjaman dengan prudent.

Adapun penyaluran Akseleran sampai akhir Oktober tahun ini mencapai Rp 2,4 triliun. Hingga akhir tahun targetnya sekitar Rp 3 triliun dan dinilai relatif stabil dari tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×