kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45983,02   -7,36   -0.74%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank berikan kredit ke nasabah Laku Pandai


Minggu, 28 Agustus 2016 / 15:45 WIB
Bank berikan kredit ke nasabah Laku Pandai


Reporter: Nina Dwiantika | Editor: Yudho Winarto

MALANG. Tak lama lagi, peran agen laku pandai bertambah yaitu menjadi jembatan antara bank dengan nasabah dalam penyaluran kredit untuk nasabah agen laku pandai. Tugas agen laku pandai hanya memberikan referensi kepada bank terkait nasabah laku pandai yang layak menerima pinjaman dari bank.

Nelson Tampulobon, Dewan Komisioner Orotitas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Perbankan menyampaikan, bank tidak perlu meminta izin secara khusus untuk pelaksanaan pemberian kredit yang berkaitan dengan laku pandai, karena sudah ada dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (P-OJK).

Selanjutanya, bank dapat melaporkan kepada pengawas masing-masing terkait rencana pemberian kredit kepada nasabah laku pandai. "Pengawasan biasa aja. Tidak perlu secara khusus," kata Nelson, kepada KONTAN, Minggu (28/8).

Hari Siaga, Sekretaris Korporasi PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengatakan, saat ini agen BRILink yang laku pandai sudah melayani kredit secara referal. Artinya, penyerahan permohonan dan dokumen kredit melalui agen BRILink untuk selanjutnya diserahkan ke BRI Unit atau Teras BRI terdekat dan proses kreditnya tetap dilakukan oleh BRI Unit atau Teras BRI.

"Besar kredit yang diberikan tentunya berdasarkan kelayakan usaha masing- masig nasabah," katanya.

Lanjutnya, nasabah agen BRILink sangat bisa menjadi debitur atau diberikan kredit sepanjang usahanya layak. Nasabah agen BRILink atau laku pandai artinya orang-orang yang bertransaksi di agen BRILink bisa diberikan kredit yang pengajuan kreditnya bisa melalui agen laku pandai BRILink selaku referal.

Informasi saja, posisi per Juni 2016, jumlah agen BRILink sebanyak 65.341 dengan jumlah transaksi 35,2 juta serta volume transaksi Rp 50,8 triliun. Bank berplat merah ini mencatat volume transaksi terbesar ada di wilayah Sumatera yaitu 36%. Artinya, upaya BRI untuk melakukan inklusi keuangan di daerah remote menunjukkan hasil yang tinggi.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×