kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45740,00   -14,18   -1.88%
  • EMAS1.002.000 -0,50%
  • RD.SAHAM -1.08%
  • RD.CAMPURAN -0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Bank daerah siap menadah dana pemerintah


Rabu, 08 Juli 2020 / 15:42 WIB
Bank daerah siap menadah dana pemerintah
ILUSTRASI. Bank Sumsel Babel atau Bank SumselBabel, bank pembangunan daerah di sumatera selatan dan bangka belitung. Foto Dok Sriwijaya Post (grup Tribun)

Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lanjutan aksi penempatan dana pemerintah dalam rangka program pemulihan ekonomi dinanti bank daerah. Sayang, bank daerah yang berpotensi menerima penempatan dana terbatas.

Direktur Pemasaran PT Bank Pembangunan Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Antonius Argo Prawiro misalnya mengaku perseroan tengah menyiapkan permohonan menjadi bank mitra yang akan menerima penempatan dana.

“Kami sedang mengajukan permohonan, karena perseroan memenuhi syarat sesuai PMK 70/2020,” katanya kepada KONTAN.

Baca Juga: Usai bank BUMN, kini pemerintah siap tempatkan dana di bank daerah

Mengacu PMK 70/2020 tentang Penempatan Uang Negara pada Bank Umum dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional, syarat menjadi bank mitra adalah: memiliki izin bank umum.

Yang masih berlaku; memiliki kegiatan usaha di Indonesia, serta mayoritas dimiliki lokal; memiliki tingkat kesehatan minimal komposit tiga yang diverifikasi OJK; dan melakukan kegiatan mendukung PEN.

Sementara mekanismenya, calon bank mitra memang mesti mengajukan diri kepada Kemkeu. Pengecualian berlaku bagi bank yang langsung ditunjuku oleh Kemkeu.

Meskipun berencana mengajukan diri, Antonius menjelaskan pihaknya belum bisa menaksir berapa nilai penempatan dana yang diajukan. Sebab perseroan masih perlu menghitung kebutuhannya.

“Jumat besok baru akan ada pembahsan dengan OJK Sumsel Babel. Sementara soal nilai pengajuan masih kami siapkan, karena di PMK 70 baru dibahas soal transaksi over the counter dari transaksi tresuri. Sehingga kami elum bisa secara valid menentukan kebutuhan,” jelas Antonius.

Baca Juga: Gandeng Bank Mandiri, fitur Kirim Uang Bukalapak catat kenaikan transaksi 30%

Sebagai catatan, penempatan dana pemerintah ini tak gratis, dalam arti bank mesti langsung menyalurkan dana yang ditempatkan untuk ekspansi kreditnya. Niatnya untuk mengembalikan kegiatan ekonomi seperti prapandemi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×