kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,08   -10,42   -1.13%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Sampoerna Optimistis Bisa Menjaga Laju Penyaluran Kredit UMKM pada Tahun Pemilu


Rabu, 22 November 2023 / 22:00 WIB
Bank Sampoerna Optimistis Bisa Menjaga Laju Penyaluran Kredit UMKM pada Tahun Pemilu
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi keuangan di kantor cabang Bank Sahabat Sampoerna, Jakarta, Senin (8/11). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/08/11/2021.


Reporter: Nindita Nisditia | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) optimis dalam menjaga laju penyaluran kredit UMKM di tahun pemilu.

Direktur Information Technology Bank Sampoerna Hendra Rahardja menilai, perubahan regulasi di tahun politik akan tertahan untuk tidak berubah sehingga masih belum mempengaruhi perbankan secara signifikan, khususnya di segmen UMKM.

"Saya malah melihat opportunity. Jadi semua aturan saya rasa sih ngeliat semua akan ngerem 2023-2024. Mungkin aturan-aturan baru di 2025, buat bank ya kita enjoy saja selalu ada opportunity,” ucap Hendra, Selasa (21/11).

Hendra mengulas, secara data industri, kredit perbankan biasanya cenderung turun saat satu tahun sebelum pemilu. Namun, penurunan kredit itu lebih banyak di segmen korporasi-komersial, di segmen UMKM justru pengaruhnya cenderung tidak menurun.

Baca Juga: Dampak Suku Bunga Tinggi, Kenaikan Biaya Dana Bank Diperkirakan Berlanjut di 2024

“Jadi tahun sebelum pemilu yang biasa-biasa turun. Tahun ini sih tidak, tidak terjadi, jadi cukup baiklah, secara market industri pun naik kayaknya tetap di bawah 10% - 9% gitu ya,” ucap Hendra.

Pada kuartal III tahun ini, Bank Sampoerna telah menyalurkan kredit senilai Rp 11,3 triliun, atau tumbuh 23,1% dibandingkan periode sama tahun lalu (YoY). Adapun sektor UMKM menyumbang porsi di kisaran 60% dari total pinjaman atau sebesar Rp 6,8 triliun.

Namun, besarnya porsi kredit untuk sektor UMKM ini membuat rasio kredit bermasalah (NPL) Bank Sampoerna naik. Rasio NPL bruto Bank Sampoerna per September 2023 ada di level 3,6% dan NPL neto sebesar 1,9%, meningkat dari tahun lalu di mana NPL bruto di level 2,80% dan NPL neto di level 1,20%.

Hendra mengatakan, untuk menjaga rasio NPL, Bank Sampoerna akan berupaya dengan mengantisipasi apabila ada kondisi ekonomi yang kurang baik di sisi bank, ditambah dengan upaya untuk memperbesar aset atau lending

Dari sisi nasabah, Hendra mengungkap bank akan melakukan personal approach untuk mencari solusi agar bisa terhindar dari NPL.

Baca Juga: Lelang Perdana SVBI Diikuti 12 Bank, Serap US$ 236,5 Juta

“Cuma balik lagi pemberian kredit ke UMKM, touch-nya beda, jadi kalau seperti retail mungkin kita tak perlu tahu customer-nya kita bebas pakai credit scoring yang tanpa human touch ya. Nah UMKM ini unik, makanya kita tetap harus punya jaringan network yang cukup luas sehingga ada interaksi antara bank ke customer,” ujar Hendra.

Ke depan, Hendra optimis NPL bisa terjaga di batas atas ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Di tahun depan, Ia menyebut Bank Sampoerna akan tetap menaruh fokus pada segmen UMKM, sebagaimana yang tercantum dalam visi dan misi perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×