kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Sumut mengajukan dana PEN Rp 1 triliun


Rabu, 16 September 2020 / 20:02 WIB
Bank Sumut mengajukan dana PEN Rp 1 triliun
ILUSTRASI. Obligasi Bank Sumut: Pelayanan nasabah di Kantor Cabang Bank Sumut, Panglima Polim, Jakarta Selatan, Kamis (26/5). Bank Sumut menerbitkan obligasi III Bank Sumut tahun 2011 senilai Rp 600 miliar dan Obligasi Subordinasi Bank Sumut tahun 2011 senilai Rp 40


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara tengah menunggu persetujuan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait pengajuan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Kami sudah mengajukan melalui Kanwil Perbedaharan Medan, untuk diteruskan kepada Menteri Keuangan dengan nilai Rp 1 triliun,” kata Corporate Secretary Bank Sumut Syahdan Siregar kepada Kontan.co.id, Rabu (16/9).

Syahdan bilang pihaknya juga sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan Kemenkeu. Pengajuan dana PEN dilakukan perseroan seiring perluasa penempatan dan PEN kepada bank daerah.

Kemenkeu mengalokasikan dana Rp 20 triliun untuk ditempatkan kepada bank daerah. Rp 11,5 triliun telah ditempatkan di tujuh bank, sehingga kini masih ada Rp 8,5 triliun yang belum teralokasi.

Baca Juga: Bank menanti dana pemulihan ekonomi nasional (PEN)

Sementara secara total, Kemenkeu punya dana Rp 78,8 triliun untuk ditempatkan di perbankan. Selain Rp 20 triliun yang telah maupun akan ditempatkan di bank daerah senilai Rp 30 triliun telah ditempatkan di empat bank pelat merah. Sementara sisa Rp 28,8 triliun disiapkan untuk ditempatkan di bank swasta.

Terkait dana PEN yang belum teralokasi, Kemenkeu mengaku masih melakukan seleksi terkait bank mana yang dinilai laik menerima penempatan dana.

“Penempatan dana kepada bank daerah, bank swasta, termasuk bank syariah saat ini masih dalam proses koordinasi dengan OJK dan penilaian oleh Kemenkeu,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Rahayu Puspasari kepada Kontan.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×