kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan program JHT via online


Senin, 05 April 2021 / 06:57 WIB
Begini cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan program JHT via online
ILUSTRASI. Program JHT bisa dilakukan dengan melalui daring (BPJS Ketenagakerjaan online). KONTAN/Carolus Agus Waluyo


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi Anda yang bertanya-tanya bagaimana cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan program Jaminan Hari Tua (JHT), tak usah bingung. Program JHT bisa dilakukan dengan melalui daring (BPJS Ketenagakerjaan online). 

Deputi Direktur Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BP Jamsostek, Irvansyah Utoh Banja, menjelaskan klaim BPJS Ketenagakerjaan program JHT bisa diajukan melalui Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan. 

Lapak Asik BPJS Ketenagakerjaan adalah kependekan dari Layanan Tanpa Kontak Fisik. Alias prosedur cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan program JHT melalui jaringan internet tanpa perlu datang ke kantor cabang.  

Untuk mencairkan 100% dana JHT BPJS Ketenagakerjaan, syarat utamanya adalah pegawai yang bersangkutan sudah tidak bekerja lagi di perusahaan, baik karena diberhentikan atau resign atas keputusan sendiri. 

Baca Juga: Begini saran analis terkait BPJS Ketenagakerjaan yang akan kurangi investasi di saham

Tahap pertama klaim BPJS Ketenagakerjaan JHT, peserta harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan antara lain: 
- Kartu peserta tenaga kerja asli dan foto copy. 

- Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan foto copy. 

- Kartu Keluarga (KK) asli dan foto copy. 

- Surat keterangan pemberhentian bekerja dari perusahaan atau penetapan dari Pengadilan Hubungan Industrial. 

- Formulir klaim JHT yang sudah diisi.

- Buku tabungan atas nama peserta JHT sendiri. 

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan akan kurangi investasi di saham, simak saran analis ini

Seluruh proses tidak memerlukan kehadiran peserta di kantor cabang BP Jamsostek. Pendafataran Lapak Asik bisa dilakukan di situs antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id. 

Peserta cukup mengunggah dokumen dan dikirimkan melalui email yang tertera pada email konfirmasi dan peserta akan dihubungi melalui panggilan video untuk verifikasi dokumen yang disyaratkan. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×