kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bersiap bunga kredit naik antara Juli atau Agustus


Kamis, 12 Juli 2018 / 09:37 WIB
Bersiap bunga kredit naik antara Juli atau Agustus


Reporter: Galvan Yudistira, Nina Dwiantika | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Bank tengah berancang-ancang mengerek bunga kredit. Langkah ini untuk mengimbangi kenaikan biaya dana atau cost of fund, karena imbas peningkatan bunga deposito yang sudah naik sejak Mei lalu.

Penyesuaian bunga kredit ini akan terjadi pada semester kedua ini. Tepatnya, sekitar Juli hingga Agustus ini. Kenaikan bunga bervariatif pada setiap bank yakni sekitar 25 basis poin (bps) hingga 100 bps .

Sebut saja Bank Central Asia (BCA) bakal menaikkan bunga kredit sebesar 0,25% - 0,5%. Bunga ini akan naik pada Agustus 2018. Tentunya, kenaikan bunga kredit di BCA ini akan mempengaruhi suku bunga pasar di kelompok bank lainnya.

Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA bilang, keputusan bunga ini masih dibahas dalam rapat asset liability committee (ALCO). "Kredit konsumsi seperti kredit kendaraan bermotor (KKB) dan kredit pemilikan rumah (KPR) berpotensi mengalami kenaikan," kata Jahja kepada KONTAN, Rabu (11/7).

Tingkat suku bunga KPR dan KKB di BCA cukup kompetitif. Misalnya, suku bunga KPR BCA yang terendah sebesar 5,8%. Sedangkan, secara rata-rata suku bunga dasar kredit (SBDK) KPR sebesar 9,90% per Juni 2018.

Bank berkode saham BBCA ini memaklumi kenaikan bunga kredit akan memberi dampak pada permintaan pinjaman. Kendati demikian, BBCA masih mematok pertumbuhan kredit sebesar 12% hingga akhir 2018, dengan kredit ditopang oleh korporasi 13% dan konsumer 10%.

Kebijakan kenaikan bunga kredit ini sebagai obat untuk meminimalisir penurunan margin. BCA memproyeksikan margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) pada jangka pendek bertahan di level 6%.

Kemungkinan Bank Tabungan Negara (BTN) akan mengikuti jejak yang sama. Penyesuaian bunga kredit BTN akan diputuskan pada akhir Juli 2018 ini. "Sedangkan, bunga kredit mungkin baru akan kami terapkan pada Agustus 2018 mendatang," kata, Budi Satria, Direktur Konsumer BTN.

Bank berplat merah ini memastikan penyesuaian bunga kredit ini hanya untuk KPR komersial dan tidak berlaku untuk KPR subsidi. Pasalnya, KPR jenis ini memiliki aturan main sendiri.

Haryono Tjahjarijadi, Presiden Direktur PT Bank Mayapada Internasional Tbk akan menaikkan bunga kredit pada semua sektor. Belum lama ini, bank berkode saham MAYA ini memprediksi bunga kredit akan naik 0,5%–1% dalam beberapa bulan mendatang.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sudah memperkirakan kenaikan bunga dana potensial diikuti oleh kenaikan bunga kredit secara bertahap dan selektif, menyesuaikan dengan kondisi individual bank.

Hasil catatan LPS, bunga deposito sebagai penyulut kenaikan bunga kredit. Secara rata-rata bunga deposito di perbankan sebesar 5,42% per Mei 2018, atau naik 4 bps dari posisi akhir April 2018. Sedangkan, bunga minimum naik 3 bps ke 4,65%.

Kedepan, tren bunga simpanan berpotensi naik. Langkah ini merespons kenaikan policy rate dan tingkat bunga penjaminan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×