kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.911.000   -2.000   -0,10%
  • USD/IDR 16.226   -37,00   -0,23%
  • IDX 6.878   -3,19   -0,05%
  • KOMPAS100 1.002   -0,07   -0,01%
  • LQ45 766   -0,64   -0,08%
  • ISSI 227   0,63   0,28%
  • IDX30 394   -0,39   -0,10%
  • IDXHIDIV20 456   -1,33   -0,29%
  • IDX80 112   0,04   0,04%
  • IDXV30 114   0,89   0,79%
  • IDXQ30 128   -0,45   -0,35%

BNI: Risiko Kejahatan Perbankan yang Bersumber dari Nasabah Paling Susah Dicegah


Kamis, 23 Desember 2021 / 17:53 WIB
BNI: Risiko Kejahatan Perbankan yang Bersumber dari Nasabah Paling Susah Dicegah
ILUSTRASI. BNI Mobile Banking.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transformasi digital merupakan keniscayaan bagi industri perbankan. Banyak bank sudah mengembangan digital banking, bahkan ada yang sudah konversi menjadi bank digital. Namun, transformasi digital itu juga diikuti dengan peningkatan potensi risiko.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut digitalisasi akan menimbulkan risiko siber dan ketidakpahaman masyarakat melindungi risiko data pribadi saat menggunakan layanan dan produk berbasis digital.

"Percepatan literasi keuangan menjadi sangat penting untuk mengantisipasi hal tersebut," kata Wimboh Santoso Ketua Dewan Komisioner OJK baru-baru ini. 

Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI YB Hariantono mengatakan, risiko kejahatan perbankan yang paling susah dicegah adalah risiko yang muncul dari sisi nasabah jika terjadi penipuan social engineering. 

Baca Juga: Ingat, Risiko Terbesar Kejahatan Perbankan Muncul dari Aspek Ini

"Karena ini berada di luar kontrol bank," katanya, Kamis (23/12). 

Hariantono bilang, aksi maksimal yang bisa dilakukan perbankan untuk mencegah itu adalah dengan melakukan sosialisasi ke nasabah agar selalu berhati-hati terhadap tipe-tipe penipuan. 

Sedangkan dari sisi teknologi, perseroan selalu melakukan mitigasi dengan meng-upgrade teknologi, kompetensi SDM dan extenal konsultan. Displin kontrol dan review reguler, serta operasional security 24 jam selalu berjalan di bank. Dari sisi internal, BNI terus melakukan peningkatan proses operasional bank yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Owe-some! Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak

[X]
×