kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI Insurance kantongi peringkat idAA dari Pefindo


Minggu, 23 Mei 2021 / 15:54 WIB
BRI Insurance kantongi peringkat idAA dari Pefindo
ILUSTRASI. RUPST BRI Insurance


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idAA kepada PT BRI Asuransi Indonesia atau BRI Insurance (BRINS) dengan prospek stabil. 

Pefindo menyebut, perusahaan dengan peringkat idAA memiliki keuangan yang sangat kuat dibandingkan perusahaan lain sedikit perbedaan dibandingkan peringkat yang lebih tinggi.

"Peringkat tersebut juga mencerminkan dukungan yang sangat kuat dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), permodalan serta profil likuiditas yang kuat dan profil investasi yang konservatif," tulis Pefindo, Kamis (20/5). 

Baca Juga: Siap beroperasi, IFG Life akan terima kucuran dana segar dari pemerintah pada Juni

Akan tetapi, peringkat tersebut dibatasi oleh kompetisi yang ketat di industri asuransi umum. Peringkat dapat dinaikkan jika ada dukungan yang lebih tinggi dari BRI dari peningkatan kontribusi perusahaan yang konsisten terhadap induk.

Namun, peringkat dapat diturunkan jika terjadi penurunan dukungan dari induk dalam jumlah kepemilikan dan kepentingan perusahaan secara substansial karena indikator permodalan atau kinerja operasional. 

Pefindo memperkirakan, perusahaan bisa mengelola dampak pandemi. Mengingat, keunggulan kompetitif yang kuat dengan BRI sebagai Induk, dapat menyediakan bisnis captive di tengah peningkatan risiko, serta dukungan permodalan dan cadangan yang kuat. 

Hal tersebut juga didukung oleh besarnya jumlah aset likuid dalam bentuk deposito dan surat berharga, pengawasan yang ketat terhadap kualitas piutang, dan rasio RBC yang tinggi sebesar 365,3% per 31 Maret 2021. 

Perusahaan juga memiliki integrasi infrastruktur TI yang mapan untuk mendukung digitalisasi, dimana hal ini sedikit banyak dapat mengimbangi kekhawatiran akan potensi gangguan selama periode pembatasan sosial. 

Baca Juga: Kejaksaan sebut nilai aset yang disita dari kasus korupsi Asabri capai Rp 13 triliun

BRINS adalah perusahaan asuransi umum yang memiliki pasar captive yang kuat terhadap asuransi kebakaran atau properti, asuransi kredit, asuransi uang, dan asuransi kecelakaan diri. 

Selain itu, perusahaan juga menawarkan produk asuransi umum lainnya, seperti asuransi kendaraan bermotor, rangka kapal, kargo, penjaminan, rekayasa, dan aneka. 

Kantor Pusat BRINS yang berada di Jakarta didukung oleh jaringan distribusi yang terdiri atas 22 kantor cabang, 2 unit syariah, 8 kantor perwakilan pemasaran konvensional, dan 2 kantor perwakilan pemasaran syariah, yang tersebar di seluruh Indonesia per 31 Maret 2021. 

BRINS melengkapi bisnis BRI secara Grup yang mana dimiliki 90% oleh BRI. Sedangkan 10,0% sisanya dimiliki oleh Yayasan Kesejahteraan Pegawai Bank Rakyat Indonesia.

Selanjutnya: Segera cair, IFG Life akan terima suntikan dana segar untuk operasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×