kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI Targetkan Akuisisi 3,25 Juta Merchant QRIS dan Sales 5 Triliun di 2023


Selasa, 09 Mei 2023 / 18:50 WIB
BRI Targetkan Akuisisi 3,25 Juta Merchant QRIS dan Sales 5 Triliun di 2023
ILUSTRASI. BRI menargetkan untuk mengakuisisi 3,25 juta merchant QRIS di tahun 2023.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) menargetkan untuk mengakuisisi 3,25 juta merchant QRIS di tahun 2023. Ekspansi ini dilakukan melalui akuisisi merchant di lokasi hotspot.

"Tahun 2023 ini kami juga menargetkan akan mencapai sales volume sebesar Rp 5 triliun," kata Aestika Oryza Gunarto, Corporate Secretary BRI kepada Kontan, Selasa (9/5).

Tercatat sampai dengan April 2023, BRI telah mengakuisisi merchant QRIS sebanyak 3,15 juta dengan total sales volume mencapai Rp 4,01 triliun. 

Capaian sales ini meningkat 1.000% secara tahunan yang didorong oleh peningkatan transaksi keuangan di periode libur lebaran lalu.

Baca Juga: Transaksi QRIS BRI Meroket pada Periode Libur Lebaran 2023

Sementara itu untuk QRIS Border, Bank BRI optimistis transaksi akan terus meningkat ke depannya. menunjukkan kenaikan signifikan selama periode libur lebaran.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengatakan, ini menunjukkan penggunaan QRIS semakin diminati masyarakat karena lebih mudah dan cepat. 

“Penopang utama dalam kenaikan ini berasal dari transaksi merchant," jelas Andrijanto.

Tak hanya dari segi kenyamanan dan kemudahan, Andrijanto menambahkan, BRI juga menjamin keamanan bagi nasabah selama bertransaksi. BRI telah melakukan verifikasi data sesuai SOP di antaranya mewajibkan pihak merchant melampirkan KTP yang langsung tervalidasi ke portal Dukcapil.

Selanjutnya, perjanjian kerja sama wajib untuk ditandatangani pihak pemilik merchant. Hal ini guna mencegah adanya penyajian laporan keuangan palsu secara sengaja atau fraud QR.

Baca Juga: Transaksi QRIS Jalin Melonjak 700% Saat Periode Ramadan hingga Lebaran

Kehati-hatian dalam bertransaksi QRIS, harus dilakukan oleh semua pihak yang terlibat, baik dari sisi merchant QRIS, pembeli, dari sisi PJP Acquirer maupun issuer sehingga transaksi akan berjalan aman dan lancar.

"Bagi semua merchant BRI, terutama merchant masjid, yayasan, ataupun lembaga non-profit lainnya agar dapat memeriksa kondisi stiker QRIS secara rutin untuk memastikan keasliannya, dalam kondisi baik, tidak pudar, tidak ditimpa sticker lain, ataupun adanya indikasi manipulasi lainnya,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×