kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI Ventures Mulai Berinvestasi di Sektor Consumer Brands


Jumat, 24 Desember 2021 / 13:00 WIB
BRI Ventures Mulai Berinvestasi di Sektor Consumer Brands
ILUSTRASI. Chief Executive Officer (CEO) BRI Ventures Nicko Widjaja


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BRI Ventures bersama fund partners lokal, Kiqani,  memulai investasi di sektor consumer brands khususnya sektor Direct to Consumer (D2C) dengan target total investasi sampai dengan Rp 500 miliar.

Inisiatif yang diberi nama Sembrani Kiqani ini telah berinvestasi pada Yield Guild Games Southeast Asia yang merupakan perusahaan game berbasis blockchain. 

Ke depannya, Sembrani Kiqani akan memberikan pendanaan tahap awal dan mentoring ke sejumlah perusahaan D2C dan sektor crypto metaverse.

Dimulai sejak Juli 2021, Sembrani Kiqani berhasil menghimpun dana dari korporasi, local chain brands, dan family office. Jika kedepannya minat pemain D2C cukup besar, tidak menutup kemungkinan Sembrani Kiqani akan menambah pendanaan.

Nicko Widjaja, CEO BRI Ventures mengungkapkan, selama tahun 2020-2021, sektor D2C menunjukkan pertumbuhan yang sangat masif. Oleh karena itu, perusahaan modal ventura milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) ini melihat bahwa Indonesia membutuhkan  inisiatif pendanaan yang ditujukan kepada brand lokal di bidang fashion, food & beverage (F&B) dan beauty yang berkembang pesat saat ini.

Baca Juga: Bankir optimistis kredit UMKM masih bisa menggeliat hingga penghujung tahun 2021

“Ini dapat menjadi menjadi awal Indonesia sebagai creative economy powerhouse. Brand yang berasal dari Indonesia kita harapkan bisa menjadi pemenang di negara ini, sehingga mampu berkompetisi dengan brand global yang semakin banyak masuk ke tanah air. Hal ini menjadi semangat kami dalam menjalankan inisiatif Sembrani Kiqani," kata Nicko dalam keterangan resminya, Jumat (17/12).

Sembrani Kiqani memperhatikan sejumlah aspek dalam menentukan investasi terhadap suatu brand, di antaranya pengalaman konsumen (people experience), keunikan produk, performa brand, aspek keberlanjutan produk, serta dampaknya terhadap pasar potensial.

Sebagai informasi, Kiqani telah berpengalaman di bidang food & beverage, digital marketing, IP, games, dan web3.0 Crypto Metaverse. 

Founder Kiqani Marcel Lukman, yang juga merupakan Presiden Direktur Atmos Indonesia, menyambut gembira kolaborasi antara Kiqani dan BRI Ventures. Menurutnya, BRI Ventures memiliki tujuan dan pandangan yang selaras dengan Kiqani terkait dengan pengembangan sektor D2C ini.

“Kami melihat banyak sekali brand Indonesia yang kuat, namun kurang memiliki kesempatan untuk jadi juara di negeri sendiri. Itu sebenarnya bisa dilakukan melalui investasi dan kita bantu mentoring,” ungkap Marcel.

Baca Juga: Strategi Brodo lawan pandemi dengan perkuat merek lewat teknologi digital

Marcel menambahkan, mentoring atau pendampingan bagi brand atau usaha yang diberikan investasi menjadi hal yang membuat Sembrani Kiqani berbeda dari fund kebanyakan. Sehingga kedepannya, Sembrani Kiqani tidak hanya akan menyediakan investasi dan network, tetapi juga mentoring untuk eksekusi, pendampingan dan pelatihan terkait dengan keuangan, pengelolaan inventory, digital marketing, manajemen hingga social media activation dan brand campaign.

Pada kesempatan yang sama, Yukka Harlanda, yang merupakan salah satu Founder Kiqani dan Brodo, menuturkan beberapa studi melihat pola perilaku konsumsi yang berubah dan hal ini ditandai dengan brand yang mulai mengadopsi basis digital untuk memperkuat bisnisnya. Fenomena ini didukung dengan infrastruktur digital yang semakin lengkap di Indonesia, mulai dari marketplace hingga sistem pembayaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×