kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BSI Gandeng Pelindo Terminal Petikemas Dukung Digitalisasi Layanan di Sektor Maritim


Selasa, 18 Juli 2023 / 16:37 WIB
BSI Gandeng Pelindo Terminal Petikemas Dukung Digitalisasi Layanan di Sektor Maritim
ILUSTRASI. Aktivitas bongkar muat di Terminal Peti Kemas Semarang.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) menggandeng PT Pelindo Terminal Petikemas, entitas anak usaha dari PT Pelindo untuk mendukung peningkatan layanan jasa perbankan syariah di sektor kemaritiman.

Kerja sama keduanya diharapkan dapat meningkatkan layanan transaksi perbankan bagi ekosistem Pelabuhan.

Direktur Retail Banking BSI Ngatari mengatakan BSI terus meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan mitra-mitra di berbagai sektor, salah satunya di industri kemaritiman. Termasuk mendorong digitalisasi layanan di lingkungan Subholding Pelindo Terminal Petikemas.

Baca Juga: Pelindo Dukung Kebutuhan Logistik IKN Lewat Pelabuhan Balikpapan

“Adanya kerja sama digitalisasi ini akan memudahkan pengguna Jasa Pelindo dalam melakukan transaksi pembayaran secara cashless, dan mendukung transparansi keuangan yang aman dan akuntabel,” ujar Ngatari dalam siaran pers, Selasa (18/7).

Kerja sama antara BSI dan Pelindo Terminal Petikemas meliputi penyediaan fasilitas pembayaran secara host to host, penggunaan Virtual Account BSI sehingga pembayaran dapat dilakukan di e-channel BSI seperti ATM, BSI NET, CMS BSI, BSI Mobile dan Kantor Cabang BSI. Ini merupakan kelanjutan kerja sama BSI dan PT Pelindo yang sebelumnya terjalin di Aceh.

BSI juga memfasilitasi sentralisasi pengeloaan anggaran di lingkungan PT Pelindo beserta Sub Holding dan anak perusahaan melalui penggunaan produk BSI Thru Account.

“Hal ini tentunya memudahkan dalam pengelolaan rekening agar lebih efektif, efisien dan akuntabel serta dapat lebih mengoptimalkan likuiditas perusahaan dan dapat menekan biaya operasional,” tambah Ngatari.

Menurut Ngatari, pertumbuhan bisnis BSI dengan Pelindo terus mengalami kenaikan. Hal tersebut terutama dari sisi transaksi retail yang berkaitan dengan layanan pembayaran pengguna jasa Pelabuhan melalui channel Bill Payment dan Auto Collection System.

Selain kerja sama Host to Host pembayaran, BSI juga menyediakan berbagai produk dan layanan yang dapat dimanfatkan bagi para pegawai Pelindo dan Sub Holding Pelindo.

Beberapa produk dan layanan tersebut di antaranya , Tabungan Haji, Tabungan pegawai, Payroll Pegawai, Pembiayaan Griya, Oto, Multiguna, Cicil Emas dan lainnya.

Baca Juga: Bank Besar Kembangkan Layanan Digital SuperApps, Begini Tanggapan DANA

Sementara itu, Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas Widyaswendra mengatakan melalui kerja sama layanan dengan BSI, nantinya pengguna jasa tidak perlu melakukan pembayaran jasa kepelabuhanan secara manual.

Seluruh proses pembayaran akan dilakukan dengan pemindahbukuan secara langsung oleh SPTP. Nantinya, antara SPTP dan BSI akan terhubung secara langsung secara host to host untuk melakukan sejumlah layanan perbankan bagi pengguna jasa.

"Transparansi dan integritas menjadi prinsip dalam layanan yang disiapkan antara SPTP dan BSI bagi pengguna jasa," kata Widyaswendra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×