kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,52   -4,66   -0.51%
  • EMAS961.000 0,42%
  • RD.SAHAM 0.08%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

BTN sudah salurkan kredit Rp 3 triliun dari dana pemerintah


Jumat, 24 Juli 2020 / 14:42 WIB
BTN sudah salurkan kredit Rp 3 triliun dari dana pemerintah
ILUSTRASI. BTN terus memacu penyaluran kredit dari penempatan dana negara.


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) terus memacu penyaluran kredit dari penempatan dana negara. BTN mencatat realisasi penyaluran kredit mencapai sekitar Rp 3 triliun dalam satu bulan penempatan dana atau terhitung sejak 25 Juni hingga 23 Juli 2020.

Direktur Finance, Planning, and Treasury Bank BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, BTN berkomitmen meningkatkan penyaluran kredit dari penempatan dana negara tersebut. “Kami terus memacu penyerapan anggaran tersebut dengan mengandalkan jaringan dan infrastruktur yang kuat di sektor perumahan. Selama satu bulan ini, kami telah mencatatkan penyaluran kredit sekitar Rp 3 triliun,” jelas Nixon di Jakarta, Jumat (24/7).

Baca Juga: Menilik modal Bank Tabungan Negara (BBTN) hadapi restrukturisasi kredit

Nixon merinci, penyaluran terbesar masih didominasi kredit ke sektor non usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Segmen non-UMKM tersebut menempati porsi sebesar 96% dari total ekspansi atau setara Rp 2,8 triliun. Kemudian, porsi sisanya sebesar 4% ditempati segmen UMKM atau setara Rp 122,03 miliar.

Menurut Nixon, langkah BTN memacu kredit tersebut juga menjadi wujud komitmen BTN membantu pemerintah menanggulangi berbagai dampak ekonomi yang timbul akibat pandemi Covid-19. Upaya lain yang juga telah dilakukan Bank BTN yakni dengan memberikan layanan restrukturisasi bagi para debitur yang terdampak pandemi tersebut.

Nixon menjelaskan, pengajuan restrukturisasi kredit memang mengalami puncak tertinggi pada April dan Mei 2020. Namun, memasuki Juni 2020, permintaan restrukturisasi kredit di BTN mulai menunjukkan penurunan.

Hingga Juni 2020, lanjut Nixon, Bank BTN telah merestrukturisasi kredit dari 230.000 debitur dengan total baki debet sekitar Rp 36,4 triliun. “Kami proyeksikan angka restrukturisasi kredit tersebut akan terus mengecil hingga Desember 2020 sejalan dengan mulai bergeraknya roda ekonomi. Perhitungan kami posisi restrukturisasi pada Desember 2020 nanti sekitar Rp 30 triliun,” tutur Nixon.

Baca Juga: Kawasan industri jadi target pengembangan bisnis BTN

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Corporate Valuation Model Investment Appraisal Model & Presentation

[X]
×