kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah penyebaran corona, pembayaran pensiun Taspen bulan April dilakukan lewat ATM


Sabtu, 28 Maret 2020 / 16:23 WIB
Cegah penyebaran corona, pembayaran pensiun Taspen bulan April dilakukan lewat ATM
ILUSTRASI. Seorang pensiunan PNS melakukan perekaman biometrik secara digitalisasi dengan menggunakan aplikasi autentik PT Taspen di Medan, Sumatera Utara, Senin (3/2/2020). Cegah penyebaran corona, pembayaran pensiun Taspen bulan April dilakukan via ATM. ANTARA FOT


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sehubungan dengan ditetapkannya perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia oleh BNPB, maka sebagai salah satu BUMN yang memiliki bisnis berkaitan dengan pelayanan publik, PT Taspen menerapkan physical distancing atau jaga jarak fisik dalam mengantisipasi penyebaran virus COVID-19. 

Untuk itu, pelayanan pembayaran pensiun di bulan April 2020 melalui perbankan tidak dilakukan dengan kehadiran fisik atau secara langsung. Sedangkan untuk pembayaran pensiun yang dilakukan melalui Posindo diterapkan pengaturan jadwal kepada para penerima pensiun. 

Baca Juga: Penuhi aturan baru soal modal minimum, bank kecil siap tambah modal

Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para peserta pensiun Taspen. Penerima pensiun dapat mengambil uang pensiunnya melalui Automatic Teller Machine (ATM) kantor bayar masing–masing.  Per bulan April 2020, jumlah peserta pensiun Taspen sebanyak 2.726.035 orang dengan jumlah titik layanan Perbankan dan POSINDO sebanyak 15.637 titik.

Direktur Operasional Taspen Mohamad Jufri menyebut sampai dengan kondisi darurat bencana wabah dinyatakan dicabut oleh pemerintah, kegiatan enrollment juga ditiadakan untuk sementara. Penerima pensiun yang sudah melakukan enrollment dihimbau untuk melakukan otentikasi melalui aplikasi TASPEN Otentikasi (Biometrik) di handphone. 

“Sedangkan bagi penerima pensiun yang belum melakukan enrollment pada kantor bayar maka uang pensiun bulan April 2020 dapat diambil di ATM setelah mendapatkan otorisasi melalui video call oleh masing-masing perbankan kantor bayar penerima pensiun. Pelaksanaan video call ini akan diinformasikan melalui SMS dan WhatsApp sebelum tanggal pembayaran,” kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/3).

Mohamad Jufri, juga menegaskan kepada Kantor Bayar Perbankan dan Posindo untuk menetapkan protokol layanan demi mencegah penyebaran virus COVID-19 dalam mengantisipasi apabila masih ada penerima pensiun yang masih datang ke kantor bayar. 

Baca Juga: Antisipasi penyebaran corona, Bank Mantap ubah jam layanan

“Mengatur jarak antrian dan tempat duduk antara penerima pensiun dan penerima pensiun lainnya minimal 1,5 meter harus dilakukan oleh kantor-kantor bayar. Selain itu dipastikan setiap kantor bayar menyiapkan thermo gun, hand sanitizer, masker, dan penyemprotan disinfektan pada ruang pelayanan, mushola, serta toilet,” kata dia.

Ia menghimbau kepada kantor bayar apabila menemukan penerima pensiun yang memiliki suhu tubuh di atas 37,5 derajat agar dievakuasi ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×