kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Choop Bantu Pelaku UMKM Melakukan Transaksi Digital


Rabu, 02 Februari 2022 / 21:14 WIB
Choop Bantu Pelaku UMKM Melakukan Transaksi Digital
ILUSTRASI. Penyedia jasa pembayaran digital Choose Order Pay (CHOOP)


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penggunaan aktivitas belanja online telah mengalami peningkatan dan menjadi kebutuhan bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) untuk berbagai transaksi non tunai di Indonesia juga turut meningkat.

Penyedia jasa pembayaran digital seperti Choose Order Pay (Choop) turut membantu pelaku usaha kian melek dengan teknologi transaksi digital hingga pembayaran menggunakan QR Code.

Choop pun meluncurkan sarana belanja online dengan whatsApp dikenalkan di Bali. Executive Director Choose Order Pay (Choop) Nurkholis mengatakan peluncurkan Choop di Bali dengan alasan pulau Dewata sebagai esensial negara Indonesia terutama untuk sektor pariwisata.

Bali sebagai tempat mengenalkan Choop diharapkan dapat membangkitkan kembali pariwisata Pulau Seribu Pura ini akibat imbas Pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pangkas Proyeksi Nilai Transaksi E-commerce, BI Optimistis Prospeknya Bagus

Berdasarkan data dari sebanyak 473.000 merchant di Bali, dimana 72 persennya menggunakan transaksi non tunai. Trafik penggunaan nontunai di Bali ini 5 terbesar di Indonesia.

"Hal itu seirama dengan inovasi yang kita berikan dari Choop, yang mana mengedepankan nontunai dengan QR, sehingga kita datang dari Bali untuk Indonesia," ujarnya dalam keterangan resminya, Rabu (2/2).

Choop menghadirkan sarana pemesanan online berbagai kebutuhan keseharian masyarakat dengan Choop.

Choop merupakan Automotion WhatsApp Catalogue Commerce yakni dengan menggunakan WhatsApp tanpa harus mengakses website atau mendownload aplikasi, user atau pun merchant bisa langsung saling berkomunikasi.

"Caranya, pilih, pesan dan bayar semudah 1 jari saja. Melayani antar ke rumah pelanggan langsung, pesan di tempat, delivery, pick up, bayar apa saja bisa lebih mudah dengan digital," katanya.

Menurutnya, Choop dapat meningkatkan penjualan dengan memperluas jangkauan usaha ke pengguna aplikasi WhatsApp yang 98% digunakan di Indonesia. "Silakan kunjungi website kami bisa langsung kelihatan fitur-fitur apa saja yang dapat dilakukan di Choop," ucapnya.

Baca Juga: BI Perluas Kerja Sama QRIS Antarnegara dengan Malaysia

Dia menuturkan tidak hanya melayani food and beverage tetapi bisa melayani payment poin online banking mulai dari isi pulsa, token, pembayaran tagihan telepon dan PDAM, listrik, serta bekerja sama untuk tiket pesawat dan hotel. 

"Mulai dari Bali seluruh lini sektor berkaitan dengan pariwisata akan kita fasilitasi di sini. Misalnya pulang ke Jakarta tapi malas vaksin, kita buatkan vaksin online jadi bisa reservasi melalui Choop. Begitupun order jasa pijat, barber shop, laundry dan lainnya, semua bisnis bisa join di Choop," tutur Nurkholis.

Selain itu, benefit – benefit lain yang bisa didapatkan dari Choop yaitu harga lebih murah dari kompetitor dan harga sesuai dengan menu yang ada pada merchant serta merchant gratis melakukan pendaftaran di Choop.

Pembayaran dengan menggunakan LinkAja mendapat cashback 10% maksimal 20.000, per transaksi per hari. Saat ini Choop Berkantor di Bali dan akan hadir di 5 kota lain yaitu Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, Makassar, dan Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×