kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.468.000   -2.000   -0,14%
  • USD/IDR 15.946   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.161   -53,30   -0,74%
  • KOMPAS100 1.094   -8,21   -0,74%
  • LQ45 872   -4,01   -0,46%
  • ISSI 216   -1,82   -0,84%
  • IDX30 446   -1,75   -0,39%
  • IDXHIDIV20 540   0,36   0,07%
  • IDX80 126   -0,84   -0,67%
  • IDXV30 136   0,20   0,15%
  • IDXQ30 149   -0,29   -0,20%

Dana Hadirkan 4 Inovasi Terbaru, Ini Perinciannya


Minggu, 27 Maret 2022 / 15:04 WIB
Dana Hadirkan 4 Inovasi Terbaru, Ini Perinciannya
ILUSTRASI. Dompet digital DANA


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dompet digital DANA kembali menunjukkan sepak terjangnya di industri dengan memperkenalkan empat inovasi produk terbarunya.

Keempat inovasi terbaru tersebut akan segera hadir dalam aplikasi DANA dan bisa dimanfaatkan pengguna untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memberikan rekomendasi finansial hingga tarik tunai di gerai Alfamart.

Pengenalan inovasi-inovasi tersebut bertepatan dengan empat tahun kehadiran dan kontribusi DANA dalam memberikan solusi bertransaksi digital yang mudah, aman dan nyaman bagi masyarakat Indonesia melalui teknologi yang inklusif.

Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia menjelaskan, kehadiran empat inovasi terbaru tersebut juga menunjukkan komitmen berkelanjutan DANA dalam mengoptimalkan teknologinya untuk memberikan layangan keuangan digital terbaik, serta mendukung akselerasi literasi dan inklusi keuangan digital.

Rangga juga mengatakan, selama empat tahun kehadirannya, DANA telah bertumbuh pesat baik dari segi jumlah pengguna yang kini sudah lebih dari 100 juta pengguna, dengan rata-rata 8 juta transaksi per hari, dan 5 ribu online merchant, termasuk lebih dari 500 ribu UMKM yang memanfaatkan DANA Bisnis.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Top Up DANA via BCA ATM hingga Mobile Banking

"Ini menunjukkan bahwa teknologi dan keamanan DANA semakin dipercaya dan semakin inklusif. Pembaruan yang kami sebut Inov4si Untuk Negeri ini merupakan wujud terima kasih kami atas kepercayaan dari seluruh pengguna dan mitra kepada DANA,” kata Rangga, Jumat (25/3).

Lebih lanjut Rangga mengatakan, empat inovasi terbaru yang dihadirkan merupakan bentuk komitmen DANA untuk menciptakan teknologi yang inklusif dan memberikan dampak positif, baik bagi pengguna maupun bagi kemajuan perekonomian digital di Indonesia. 

“Kami meyakini bahwa teknologi berbasis open platform yang kami miliki mampu membawa perubahan bagi percepatan literasi dan inklusi keuangan digital,” tambahnya.

Adapun keempat inovasi terbaru yang akan hadir dalam aplikasi DANA, pertama yaitu DANA Pay. Rannga memaparkan bahwa, DANA ingin memastikan pengalaman bertransaksi digital pengguna bukan saja mudah, aman dan nyaman, tetapi juga makin pintar.

Lewat pembaruan yang dilakukan, aplikasi DANA kini memiliki kemampuan mengombinasikan metode pembayaran (melalui saldo DANA, kartu debit maupun kredit) manakala saldo pengguna tidak mencukupi jumlah pembayaran.

"Berkat pembaruan ini, DANA memungkinkan transaksi tetap berjalan selagi pengguna melakukan top-up untuk memenuhi saldo yang tidak mencukupi. Selanjutnya, pembayaran akan terselesaikan secara otomatis," ujar Rangga.

Untuk memudahkan pengguna, pembayaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation). Tidak hanya itu, keamanan saat bertransaksi digital juga makin terlindungi dengan hadirnya pilihan otentikasi pembayaran serta Daily Limit Card untuk membatasi jumlah penggunaan yang diinginkan setiap harinya.

Kedua, yaitu rapor DANA. Guna menjembatani kesenjangan yang masih terjadi antara literasi (38,03%) dan inklusi keuangan (76,19%) sebagaimana data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) ketiga yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019, DANA akan menghadirkan fitur baru, yaitu Rapor DANA.

Fitur baru ini ditujukan sebagai platform pengetahuan bagi pengguna untuk meningkatkan literasi, membangun kebiasaan yang lebih baik dalam pengelolaan keuangan, hingga memberikan rekomendasi bagi pengguna untuk menentukan langkah finansialnya.

Rangga menyebut, dengan Rapor DANA, pengguna diajak untuk menjawab serangkaian pertanyaan melalui tiga aspek, yaitu profil yang mencakup informasi mengenai status keuangan pengguna, lalu pengetahuan untuk melihat pemahaman keuangan pengguna, hingga aspek perilaku untuk melihat kebiasaan pengelolaan keuangan pengguna.

Lewat serangkaian pertanyaan tersebut, pengguna akan mendapatkan rekomendasi manajemen keuangan yang telah dipersonalisasi sesuai hasil jawaban. Pada Rapor DANA, pengguna juga akan terus mendapatkan edukasi finansial yang dibagikan secara gratis agar mereka mampu menentukan langkah finansialnya dengan lebih bijak.

Ketiga yaitu, pembayaran STNK via Signal. Dompet digital DANA kini telah terintegrasi dengan Samsat Digital Nasional (Signal) untuk memudahkan pengguna membayar STNK.

Pembayaran ini dapat ditemukan pada kategori Biller. Caranya pun mudah, pengguna cukup memasukkan nomor tagihan dalam kolom yang disediakan lalu melakukan pembayaran menggunakan saldo DANA maupun kartu debit yang telah disimpan di dompet digital DANA.

Baca Juga: Cara Daftar Akun DANA Basic dan Premium dengan Mudah

Saat ini, layanan pembayaran Samsat Digital Nasional dengan DANA sudah mencakup 15 provinsi di Indonesia di antaranya Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jambi, Jawa Barat, NTB, Bali, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kepulauan Riau, Riau, dan Sulawesi Barat.

Keempat, yaitu kirim Uang dan Tarik Tunai di Alfamart. Sejalan dengan komitmen DANA untuk menciptakan layanan keuangan digital yang inklusif, kini DANA memungkinkan penggunanya untuk mengirim uang kepada penerima yang tidak memiliki rekening bank dan aplikasi DANA untuk menarik uang diterimanya melalui Alfamart.

Bagi pengirim, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mengetuk ikon Send dan dilanjutkan dengan memilih ikon Withdraw Cash. Kemudian, pengguna bisa memilih Alfamart, lalu Send Cash untuk memasukkan data penerima. Pengirim akan mendapatkan kode verifikasi yang dapat dibagikan kepada penerima dengan batas waktu tarik tunai selama 12 jam.

Sementara itu, penerima dapat menarik uang yang ditujukan kepadanya dengan mengunjungi Alfamart dan menuju ke kasir dengan menyebutkan ‘DANA Penarikan Uang’. Pastikan juga data diri sesuai KTP telah terdaftar pada kasir Alfamart. Terakhir, informasikan kode verifikasi yang dikirimkan oleh pengirim untuk mendapatkan uang tunai senilai uang yang telah dikirim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×