kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Danareksa menginginkan harga optimal saham GIAA


Jumat, 30 Maret 2012 / 11:34 WIB
Danareksa menginginkan harga optimal saham GIAA
ILUSTRASI. 5 Pemain yang bisa didapatkan Barcelona di bursa transfer musim panas REUTERS/Albert Gea


Reporter: Riendy Astria |

JAKARTA. Danareksa Securities, salah satu penjamin saham initial public offering (IPO) PT Garuda Indonesia Tbk mengharapkan, harga penawaran saham Garuda Indonesia bisa optimal. Direktur Utama Danareksa Securities Marciano Herman mengakui, nilai saham yang akan ditawarkan tergantung perusahaan yang akan membeli Garuda. "Kalau ada perusahaan yang bisa membeli Rp 5.000 saham bagus, kan? Semuanya relatif," kata Marci, ketika dihubungi melalui telepon, Rabu (28/3) lalu.

Soal kesiapan Danareksa menanggung kerugian jika harga Garuda tidak sesuai harapan, Marci mengatakan, dalam transaksi ini tidak ada kata rugi. Jika ada perusahaan yang menawar, pihak Danareksa akan mencocokkan, apakah haranya sesuai atau tidak. "Kalau menurut kami tidak sesuai, ya, tidak bisa," tegas Marci.

Sama seperti Mandiri Sekuritas - sekuritas lain yang juga menjamin IPO Garuda seperti Danareksa akan menggunakan financial advisor untuk menangani proses penawaran saham Garuda Indonesia.

Sayang, Marci enggan menjelaskan lebih lanjut sejauh mana proses penawaran saham Garuda tersebut. Ia hanya mengatakan, Danareksa akan menginformasikanjika seluruh persiapan sudah rampung.

Sebelumnya, EVP Corporate Communication Mandiri Sekuritas, Febriati Nadira mengatakan, proses bidding pemilihan financial advisor akan segera selesai dalam waktu dekat. Selanjutnya, seluruh proses penawaran saham Garuda akan ditangani si advisor.

Penggunaan jasa financial advisor dilakukan berdasarkan kesepakatan tiga perusahaan sekuritas milik pemerintah, yang bertindak sebagai penjamin emisi saat Garuda Indonesia melepas sahamnya kepada publik di awal tahun 2011 lalu.

Selain Mandiri Sekuritas dan Danareksa, satu penjamin lain adalah Bahana Securities. "Apakah itu nanti investor lokal atau asing, financial advisor yang menentukan," tambah Ira, panggilan Febriati Nadira

Terkait harga saham, Mandiri Sekuritas berharap nilainya bisa lebih tinggi dibandingkan harga saham IPO Garuda. Saat itu dipatok Rp 750 per saham. Sayang, pihak Bahana Securities tidak menjawab, ketika Kontan hubungi.

Sekadar mengingatkan, saat IPO Garuda Mandiri Sekuritas, Danareksa Sekuritas, dan Bahana Securities terpaksa menyerap sisa saham Garuda yang tidak laku di pasar. Jumlahnya sekitar 3 miliar unit saham, dengan nilai kurang lebih Rp 2,25 triliun.

Dan beberapa waktu Menneg BUMN, Dahlan Iskan menjajakan saham Garuda kepada beberapa pengusaha nasional. Seperti Rachmat Gobel, Chairul Tanjung dan Anthony Salim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×