kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diskon dan hadiah banjiri kredit kendaraan


Selasa, 27 November 2012 / 09:23 WIB
Diskon dan hadiah banjiri kredit kendaraan
ILUSTRASI. Cara membedakan jenis kelamin ikan cupang.


Reporter: Mona Tobing | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Layanan kredit kendaraan bermotor semakin mudah dijumpai. Tak perlu datang ke diler atau showroom, tapi kita bisa dengan mudah menjumpai layanan tersebut di pinggir jalan, stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU), hingga di pusat perbelanjaan. Belakangan ini, tawaran kredit kendaraan bermotor itu semakin semarak dengan berbagai promo hadiah dan kemudahan.

Di pusat perbelanjaan Gandaria City, terdapat outlet yang menawarkan kredit mobil dengan iming-iming tertentu. Outlet itu diselenggarakan oleh diler mobil yang menggandeng perusahaan pembiayaan  Astra Credit Companies (ACC) dan Toyota Astra Finance (TAF). "Ini bulan promosi," kata Doni, sales di outlet itu.

Promonya antara lain, diskon 30% untuk pembelian Toyota Yaris atau Toyota Innova. Diskon berlaku hingga akhir bulan ini.Nasabah yang langsung membayarkan booking fee atau tanda jadi sebesar Rp 1 juta juga disertakan dalam undian per bulan. Hadiah undiannya mulai dari gadget terbaru seperti Samsung Galaxy, iPad, kamera digital, lalu  emas 15 gram.   

Yang lebih menggiurkan, calon pembeli mendapatkan bunga 0% selama setahun pertama kredit untuk semua jenis mobil Toyota. Nasabah juga dapat keringanan untuk pembayaran uang muka atau down payment (DP) kredit mobil, tidak harus 25%-30%.

Kalau nasabah tidak memiliki dana 25%-30% dari harga mobil, jangan khawatir. "Kami akan membantu. Tapi kalau mampu membayar DP sesuai ketentuan, akan diberikan keringan cicilan dengan tenor hingga 5 tahun," terang Doni.

Cara ini sangat ampuh. Doni menyebut, dalam satu hari ada 10 calon pembeli yang langsung membayarkan booking fee.

Diler sepeda motor di Pamulang, Tangerang Selatan, menawarkan gratis cicilan sebulan. Konsumen juga bisa memilih sendiri multifinance sebagai penyedia pembiayaan.
Beberapa multifinance menawarkan kartu keanggotaan dengan benefit tertentu. Wahana Otto Multiartha (WOM Finance), misalnya, dengan keanggotaan Kawan (Kartu

WOM Bermanfaat), memberi kemudahan bertransaksi di WOM atau merchant rekanan, undian berhadiah. Di merchant itu, nasabah bisa mendapatkan diskon, seperti untuk pembelian spare part, restoran, salon, hingga tempat wisata.

Welfizon Yuza, Business Development & Channel Management Head Astra Credit Companies (ACC), menjelaskan, berbagai program hadiah itu merupakan kebijakan diler. "Kami hanya menawarkan suku bunga murah, sekitar 3%-4% saja," jelas Welfizon.

Sementara, untuk layanan DP kurang dari 25%, multifinance langsung mengarahkan ke pembiayaan syariah. "Peminatnya banyak, karena masyarakat belum bisa membayar DP besar," kata Djaja S. Sutandar, Direktur Utama WOM Finance.   

Promo bunga murah juga ada di Mandiri Tunas Finance. Mereka mematok bunga kredit mobil baru 3,14% per tahun. Nasabah juga bisa ikut undian berhadiah mobil, motor, dan smartphone bila membayar angsuran tepat waktu.

Mulabasa Hutabarat, Kepala Biro Pembiayaan dan Penjaminan, Bapepam-LK, bilang multifinance tidak dilarang memberi bunga murah dan menggelar promosi hadiah. "Itu untuk mengejar target," katanya.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×