kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung Pertumbuhan Industri Kredit, CLIK Terus Perkuat Inovasi


Kamis, 27 Juni 2024 / 07:38 WIB
Dukung Pertumbuhan Industri Kredit, CLIK Terus Perkuat Inovasi
Direktur Utama PT CRIF Lembaga Informasi Keuangan (CLIK) Leonardo Lapalorcia.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT CRIF Lembaga Informasi Keuangan (CLIK), biro kredit swasta terus memperkuat operasional bisnisnya dengan memprioritaskan produktivitas, efisiensi operasional, dan keunggulan berorientasi klien.

Pada tahun 2023, CLIK berkolaborasi dengan perusahaan biro kredit lain di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran pemangku kepentingan dari sektor swasta dan pemerintah tentang peran penting biro kredit dalam mendorong sistem keuangan yang kuat. 

“Bank konvensional dan perusahaan multifinance masih sangat bergantung pada proses kredit yang ada, yang menghambat ekspansi industri kredit. Di sisi lain, industri fintech menghadapi tekanan seperti penurunan suku bunga dan kebutuhan reformasi regulasi untuk pengembangan berkelanjutan,” kata Presiden Direktur CLIK, Leonardo Lapalorcia, dalam siaran pers, Rabu (26/6).

Baca Juga: CLIK Gandeng Eureka AI Luncurkan Metode Skor Kredit CLIK Spectrum

Menurut Leonardo, tahun lalu penuh tantangan karena reformasi regulasi yang melibatkan LPIP (Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan) dan ICS (Innovative Credit Scoring) berdampak besar pada bisnis mereka. Namun, berkat fokus pada penguatan internal, CLIK berhasil mencatatkan kinerja positif. 

“Dengan komitmen pada penguatan struktur organisasi dan kompetensi serta fokus pada produktivitas sepanjang tahun lalu, CLIK berhasil meraih margin kotor sekitar 30%, peningkatan total enquiry klien lebih dari 200%, dan memperoleh 52 klien baru. Pencapaian ini menunjukkan kepercayaan klien terhadap layanan CLIK,” tambah Leonardo.

Chief Revenue Officer CLIK, Jan Louise Rudy Tjintjelaar, menyatakan bahwa lembaga keuangan dan non-keuangan kini mencari solusi untuk menyalurkan pinjaman secara efektif sambil menjaga profitabilitas. 

“Biro kredit swasta berperan mengurangi risiko NPL, mendapatkan akses ke pasar baru, dan penilaian kredit inovatif untuk meningkatkan produktivitas lembaga keuangan,” tuturnya.

Baca Juga: CRIF Dorong Peningkatan Penetrasi Pengunaan Biro Kredit

Sejak tahun lalu, CLIK telah meluncurkan beberapa produk untuk mendukung kinerja sektor kredit lembaga keuangan. Produk-produk tersebut antara lain Consumer Enquiry – API, CLIK Dashboard, dan CLIK Spectrum. Consumer Enquiry – API menyediakan respons cepat untuk kebutuhan pemberi pinjaman. 

CLIK Dashboard adalah perangkat manajemen informasi berbasis web yang menyediakan data pasar kredit Indonesia secara real-time. CLIK Spectrum menggunakan skor telekomunikasi untuk meningkatkan tingkat approval pinjaman hingga 10% tanpa mempengaruhi tingkat NPL, serta mampu mengidentifikasi pelanggan berisiko rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×