kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekspansi Kredit, Perbankan Ramai Terbitkan Surat Utang


Kamis, 28 April 2022 / 17:46 WIB
Ekspansi Kredit, Perbankan Ramai Terbitkan Surat Utang
ILUSTRASI. Suasana di Menara BTN, Jakarta, Senin (23/10). KONTAN/Muradi/2017/10/23


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah pemulihan ekonomi, perbankan siap melakukan ekspansi bisnis tahun ini . Demi menunjang rencana tersebut, sejumlah bank berencana menerbitkan surat utang pada 2022. 

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) misalnya, menerbitkan obligasi subordinasi sebagai modal tier-2 atau modal tambahan. Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi mengatakan, pihaknya sedang melakukan bookbuilding yang berlangsung sejak 22 April 12 Mei 2022. 

"Ini sebagai tahap kedua dari Obligasi Subordinasi Berkelanjutan III yang dimulai sejak tahun lalu dengan total nilai emisi sebanyak banyaknya Rp 2 triliun," kata Yuddy, Kamis (28/4). 

Pada Juli 2021, bank milik pemerintah provinsi Jawa Barat dan Banten ini telah menerbitkan obligasi subordinasi Rp 1 triliun. Sehingga, masih ada sisa Rp 1 triliun obligasi subordinasi yang akan diterbitkan pada 2022.

Baca Juga: Fee Based Income BNI Tumbuh 25,6% pada Kuartal I, Ini Penopangnya

Yuddy berkata, dana yang diperoleh dari penerbitan surat utang ini akan digunakan untuk memperkuat permodalan sekaligus mendukung ekspansi kredit perseroan. Tercatat target kredit perseroan di kisaran 8% - 9% pada tahun ini. 

Sementara itu, Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk berencana menerbitkan sukuk hijau pada tahun ini. Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara mengatakan, bank membidik dana Rp 1 triliun dari penerbitan sukuk tersebut.  "Nantinya, dana untuk ekspansi bisnis dalam hal pembiayaan hijau atau berkelanjutan," kata Pandji. 

Sebelumnya, CIMB Niaga Syariah sudah berencana menerbitkan sukuk pada tahun lalu. Namun tertunda akibat pandemi Covid-19. Menurutnya, penerbitan sukuk tahun ini dinilai waktu yang tepat seiring pemulihan ekonomi 

Tak mau kalah, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) juga menerbitkan obligasi senilai Rp 1 triliun. Ini merupakan Obligasi Berkelanjutan IV Bank BTN Tahap II Tahap 2022 dengan masa penawaran pada 17 - 19 Mei 2022. 

Obligasi tersebut merupakan bagian Obligasi Berkelanjutan IV Bank BTN. Dalam obligasi tersebut, bank pelat merah ini membidik target dana sebanyak - banyaknya hingga Rp 8 triliun. 

Baca Juga: Bank Mega Syariah Berbagi Zakat di 41 Kota Seluruh Indonesia

Adapun penerbitan obligasi senilai Rp 1 triliun dibagi dalam dua seri. Seri A memiliki jumlah pokok obligasi senilai Rp 600 miliar dengan tingkat bunga tetap 5,50% per tahun dan jangka waktu tiga tahun sejak tanggal emisi.

Sementara Seri B memiliki jumlah pokok Rp 400 miliar dengan tingkat bunga 6% per tahun. Surat utang seri ini memiliki jangka waktu hingga lima tahun sejak tanggal emisi. 




TERBARU

[X]
×