Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MNC Life Assurance (MLIFE), yang sepenuhnya dimiliki oleh PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) melakukan rebranding aplikasi asuransi digitalnya (insurtech) yang sebelumnya bernama Hario menjadi MotionInsure.
Hal ini dilakukan untuk memperkuat integrasi digital di portofolio BCAP di bawah ekosistem Motion yang saat ini meliputi Motion Banking (aplikasi layanan perbankan digital) dan MotionPay (platform e-money, e-wallet, dan transfer digital).
Versi terbaru dari MotionInsure akan semakin mengatalisasi tren positif dalam lanskap industri asuransi yang bertransformasi cepat di Indonesia, mendorong munculnya ruang teknologi asuransi yang berkembang pesat.
Akselerasi digitalisasi akibat pandemi Covid-19 juga membuka beberapa peluang untuk menginformasikan, mengedukasi, dan men- jangkau konsumen serta pelaku bisnis tentang kebutuhan dan manfaat inklusi dalam industri asuransi.
Baca Juga: MNC Investama (BHIT) targetkan pendapatan dan laba bersih tumbuh 15%-20% tahun ini
Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), total premi yang dibukukan platform insurtech mencapai Rp 811,71 miliar pada tahun 2020, atau setara dengan 3-4% dari total premi yang dibukukan industri asuransi secara keseluruhan.
Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank OJK Riswinandi Idris juga beranggapan bahwa di balik porsi insurtech yang masih relatif kecil justru menunjukkan prospek luar biasa, di mana pemanfaatan teknologi informasi menyediakan akses bagi perusahaan asuransi untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas.
CEO MNC Life Febriyani Sjofjan mengatakan, saat ini, MotionInsure hadir dengan tiga produk unggulan yaitu MotionSure Safe untuk risiko kecelakaan diri, MotionSure Health yang memberikan perlindungan kesehatan dan MotionSure Safe Pro untuk asuransi jiwa.
MotionInsure juga sedang mengembangkan berbagai produk untuk melengkapi penawarannya seperti pendidikan (MotionSure Education), pensiun (MotionSure Pension), dan proteksi Covid-19.
Bersamaan, kenyamanan pengguna MotionInsure juga terus ditingkatkan dengan penambahan fitur-fitur seperti e-Card AdMedika yang dapat diakses langsung dari aplikasi dan fitur telemedicine menggunakan chat bot berbasis Artificial Intelligence (AI).
"Sesuai dengan persetujuan OJK, MotionInsure (melalui izin broker asuransi) juga akan menyediakan produk asuransi non jiwa/umum seperti rumah tinggal (MotionSure Home), mobil (MotionSure Car), kecelakaan diri untuk keluarga (MotionSure Family), smartphone (MotionSure Gadget), perjalanan internasional (MotionSure International Travel), perjalanan domestik (MotionSure Domestic Travel), dan penerbangan (MotionSure Flight)," jelas Febriyani saat konferensi pers virtual, Rabu (18/8).
Selain melakukan rebranding, juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara MotionInsure dengan Motion Banking dan Vision+, mengintegrasikan ketiganya sehingga produk-produk MotionInsure dapat diperoleh melalui aplikasi MotionBanking dan Vision+.
MotionInsure juga terbuka untuk integrasi dengan para pihak eksternal, dan saat ini sedang berdiskusi dengan beberapa e-commerce serta partner strategis lainnya.
Sebagai bagian dari acara rebranding, setiap nasabah baru yang membuka rekening MotionBanking dengan dana mengendap minimal Rp 100.000 akan mendapatkan asuransi gratis melalui paket MotionSure Safe selama satu bulan, dengan manfaat perlindungan kecelakaan diri hingga Rp 1.000.000.
"MotionInsure dan MotionBanking juga mengembangkan bancaassurance, konsep penjualan produk MotionInsure dalam aplikasi MotionBank- ing, yang menawarkan penggunanya suatu solusi satu atap untuk rangkaian lengkap produk dan layanan perbankan dan investasi. Fitur ini rencananya akan go live dalam waktu dekat bulan ini, setelah menerima persetujuan OJK," ungkap Febriyani.
Selain itu, MotionInsure juga menawarkan produk asuransi yang dibundel secara gratis dengan berlangganan salah satu dari dua paket unggulan Vision+, platform OTT milik MNC Group, di mana setiap pelanggan baru Vision+ Premium akan mendapat- kan perlindungan asuransi gratis hingga Rp 33.000.000 (untuk periode 365 hari dengan paket Vision+ Premium 365) atau hingga Rp 10.000.000 (untuk periode 90 hari dengan paket Vision+ Pre- mium 90).
Baca Juga: Punya prospek cerah, MNC Life berencana rilis produk tradisional baru
“Kami dengan bangga memperkenalkan MotionInsure sebagai anggota baru dalam payung brand Motion di bawah MNC Financial Services. Memperhitungkan ekosistem bisnis kami yang ekstensif mencakup pilar industri utama mulai dari media, jasa keuangan, entertainment hospitality, e-commerce dan bisnis digital lainnya, ditambah dengan inovasi yang akan datang seperti big data, dan teknologi AI yang dikembangkan MNC Group, kami yakin MotionInsure bisa memberi banyak manfaat bagi para konsumen dan warna di tengah maraknya tren insurtech di Indonesia," ungkap Hary Tanoesoedibjo, Executive Chairman MNC Group.
Menurutnya, dengan teknologi Open API, MotionInsure mampu terkoneksi secara seamless dengan berbagai ekosistem yang tentunya akan membuka kesempatan berkembang selebar-lebarnya untuk MotionInsure.
Selain itu, di bawah payung brand Motion, MNC Kapital memiliki solusi keuangan digital yang lengkap dan terintegrasi. Mendukung agenda program inklusi keuangan pemerintah, pihaknya percaya bahwa Motion akan membawa solusi cerdas bagi masyarakat Indonesia menuju pengelolaan keuangan yang lebih baik.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News