kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,11   -0,67   -0.07%
  • EMAS942.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.31%
  • RD.CAMPURAN 0.18%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.05%

Hindari penipuan, simak tips aman transaksi kartu kredit dari BCA


Selasa, 09 Juli 2019 / 15:42 WIB
Hindari penipuan, simak tips aman transaksi kartu kredit dari BCA


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di era yang serba digital, pengguna kartu kredit bank diwajibkan untuk selalu waspada dalam melakukan transaksi. Sebab saat ini, terdapat banyak modus penipuan kartu kredit yang bertujuan untuk mengambil data kartu kredit. Untuk menanggulangi hal tersebut, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) punya sejumlah tips aman bertransaksi kartu kredit. 

SVP Card Credit and Services Group BCA Linda Djojonegoro mengatakan ada lima tips aman bertransaksi kartu kredit.


Pertama, selalu menjaga data kartu kredit dan jangan pernah memberikan kartu kredit ke pihak manapun. Sebab, bank tidak akan pernah meminta kartu kredit yang sudah diberikan ke nasabah. 

"Kartu kredit itu hak nasabah, jangan pernah mau," katanya di Jakarta, Selasa (9/7). 

Salah satu modus yang paling sering dilakukan penipu yakni dengan alasan untuk meningkatkan limit kartu kredit dan mengganti kartu kredit lama dengan yang baru.

Selain itu, BCA juga menyarankan untuk tidak tergiur tawaran yang terlalu menggiurkan seperti bonus yang jumbo hanya dengan melakukan transaksi kecil. 

Tak cuma itu, untuk transaksi online, pemegang kartu kredit harus menjaga kerahasiaan data seperti nomor kartu, expired date, dan tiga digit nomor CVV di belakang kartu.

"Jangan lupa untuk biasakan memakai PIN, walau seluruh kartu kredit sudah berbasis chip. Disarankan agar tetap memakai PIN agar lebih aman," katanya. 

BCA juga sudah menyediakan fitur pendaftaran dan penggantian nomor PIN di mesin ATM maupun layanan mobile banking (m-BCA). 

Tips terakhir, adalah selalu memperhatikan setiap tagihan (billing statement) yang masuk agar tidak tertipu.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×