kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Juli, aset modal ventura syariah tumbuh 9,4% menjadi Rp 1,27 triliun


Senin, 08 Oktober 2018 / 17:37 WIB

Juli, aset modal ventura syariah tumbuh 9,4% menjadi Rp 1,27 triliun
ILUSTRASI. Ilustrasi Opini - Ketika Bank Melirik Modal Ventura

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri modal ventura syariah menunjukan pertumbuhan yang menggembirakan di tahun ini. Diantaranya dari sisi aset yang terus meningkat.

Merujuk data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sampai Juli 2018 sektor industri modal ventura syariah memiliki aset sebesar Rp 1,27 triliun. Jumlah ini tumbuh 9,4% dari periode yang sama di tahun lalu yang sebesar Rp 1,1 triliun.


Kenaikan ini diantaranya didorong kenaikan nilai outstanding pembiayaan dan penyertaan dari modal ventura syariah dari Rp 890 miliar menjadi Rp 951 miliar. Meski sebagian besar masih didominasi oleh bisnis pembiayaan bagi hasil.

Di sisi lain, pendapatan yang masuk kantong pelaku usaha juga turut meningkat. Sampai tujuh bulan pertama tahun ini, pendapatan pelaku usaha di sektor ini naik 20,5% menjadi Rp 129 miliar.

Sebelumnya, Kepala Departemen Pengawas IKNB 2B OJK Bambang W Budiawan secara umum menyebut industri modal ventura masih punya prospek positif. 

Hal ini dibarengi dengan peningkatan jumlah pemain di industri. "Tapi kami tidak mempunyai target berapa jumlah perusahaan yang mendaftar dan mendapatakan izin usaha," katanya.


Reporter: Tendi Mahadi
Editor: Herlina Kartika
Video Pilihan


Close [X]
×