kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.200   0,00   0,00%
  • IDX 7.066   -30,70   -0,43%
  • KOMPAS100 1.055   -6,75   -0,64%
  • LQ45 830   -5,26   -0,63%
  • ISSI 215   0,27   0,12%
  • IDX30 424   -2,36   -0,55%
  • IDXHIDIV20 513   -0,30   -0,06%
  • IDX80 120   -0,79   -0,65%
  • IDXV30 124   -1,30   -1,04%
  • IDXQ30 142   -0,32   -0,23%

Jumlah agen asuransi menanjak di masa pandemi


Senin, 26 Oktober 2020 / 16:42 WIB
Jumlah agen asuransi menanjak di masa pandemi
ILUSTRASI. Seorang ibu mengamati daftar asuransi jiwa


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemasaran asuransi melalui agen masih jadi andalan meski kanal digital mulai digencarkan. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah agen berlisensi di tengah pandemi Covid-19.

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat, hingga semester I 2020 jumlah agen berlisensi industri asuransi jiwa mencapai 648.949 orang. Realisasi itu meningkat 8,5% dibandingkan realisasi tahun lalu yakni 598.029 orang.

Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon menyebut, peningkatan tenaga pemasar tersebut menjadi upaya perusahaan asuransi membuka peluang kerja baru. Dengan begitu, aktivitas ekonomi bisa kembali pulih meski hadapi pandemi.

Baca Juga: Perusahaan asuransi tetap merilis produk baru di tengah pandemi

"Tenaga pemasar asuransi jiwa meningkat di tengah masa sulit ini, kami menyikapi dengan sangat positif. Sedikit banyak, perusahaan asuransi jiwa bisa membuka kesempatan baru kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan aktivitas ekonomi dan sebaginya," kata Budi, beberapa waktu lalu.

Seiring peningkatan itu, AAJI juga meluncurkan sistem lisensi keganen berbasis mobile. Kehadiran sistem tersebut diharapkan bisa menjangkau banyak orang untuk bergabung menjadi agen asuransi sekaligus meningkatkan penetrasi di masyarakat.

"Ada begitu banyak masyarakat yang membutuhkan asuransi jiwa tetapi belum mendapatkan kesempatan bertemu untuk dijelaskan," ungkapnya.

Seperti diketahui, keagenan masih mendominasi pemasaran asuransi yakni 48% dari total industri. Menyusul bancassurance 32%, direct marketing 8%, telemarketing 4%, employee benefit consultant 4%, dan lainnya.

Dengan porsi yang besar, PT Chubb Life Indonesia juga menambah agen baru. Perusahaan bahkan meningkatkan perekrutan agen hingga 268% pada paruh pertama 2020 demi mendukung penjualan serta distribusi produk asuransi.

“Meskipun saat ini kita sedang menghadapi tantangan pandemi Covid-19, kami di Chubb Life justru memperluas tim keagenan kami guna terus menghadirkan layanan bagi lebih banyak nasabah dan membantu mereka mencapai tujuan, mimpi, serta aspirasi finansialnya," ujar Head of Agency East Region Chubb Life Indonesia Kristianto Joe.

Menurutnya, sering kali individu dengan latar belakang sektor hospitality, pariwisata, dan retail sudah memiliki bekal yang cukup kuat untuk menjadi agen asuransi. Melihat hal ini, Chubb Life Indonesia pun tanpa ragu membuka kesempatan bagi individu-individu berbakat.

Sementara PT Asuransi Allianz Life Indonesia terus fokus dan konsisten pada program pengembangan entrepreneurship melalui program I’m A LifeChanger.

Baca Juga: Jual produk asuransi secara digital, Generali Indonesia luncurkan aplikasi iPropose

Program ini memungkinkan bagi milenial menjadi agen asuransi Allianz Life sebagai antisipasi dan mengoptimalkan pertumbuhan pasar di masa depan.

Saat ini, tercatat 60,2% dari total agen atau mitra bisnis Allianz Life adalah generasi milenial. Chief Agency Officer Allianz Life Indonesia Ginawati Djuandi mengatakan, perlindungan asuransi dan perencanaan keuangan adalah salah satu bagian penting terkait kondisi finansial seseorang.

“Allianz memberikan kesempatan bagi milenial untuk mewujudkan aspirasinya dengan membangun bisnis yang dapat membawa perubahan positif juga bermanfaat bagi diri sendiri dan sesamanya," jelasnya.

Ia mengatakan, seorang LifeChanger harus benar-benar menjadi mitra dan menyediakan layanan terbaik bagi nasabah dengan menggunakan beragam sarana dan infrastruktur, khususnya yang berbasis digital untuk akses produk dan layanan asuransi mudah, cepat dan aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×