kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.025,36   15,84   1.57%
  • EMAS988.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.57%
  • RD.CAMPURAN -0.12%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.11%

Kartu ATM Magnetik BCA kamu akan diblokir besok, segera tukar


Selasa, 30 November 2021 / 08:51 WIB
Kartu ATM Magnetik BCA kamu akan diblokir besok, segera tukar
ILUSTRASI. Nasabah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang masih menggunakan kartu ATM berbasis strip magnetik, disarankan untuk segera menukarkan kartu debit ini. KONTAN/Carolus Agus Waluyo


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi kamu yang merupakan nasabah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang masih menggunakan kartu ATM berbasis strip magnetik, disarankan untuk segera menukarkan kartu debit ini. 

Pasalnya, batas waktu penggunaan kartu debit lama jatuh pada hari ini, Selasa (30/11/2021). 

Manajemen BCA menyatakan setelah 30 November 2021, semua jenis kartu debit perusahaan, mulai dari Debit BCA, Xpresi BCA, Tapres, TabunganKu, BCA Dollar, Tabungan Pelajar, hingga BCA Cash yang tidak menggunakan teknologi chip sudah tidak dapat digunakan lagi. 

"Karena kartu tanpa chip sudah tidak bisa digunakan untuk transaksi dan otomatis terblokir," tulis manajemen BCA, dikutip Selasa. 

Asal tahu saja, ciri utama kartu ATM magnetik adalah memiliki garis hitam memanjang di belakangnya. Sementara itu, kartu debit berbasis chip memiliki pelat chip emas kecil di bagian depan kartu. 

Baca Juga: Lusa BCA akan blokir kartu ATM & debit magnetik, begini tiga cara mudah menggantinya

Keputusan pemblokiran tersebut sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 17/52/DKSP yang mewajibkan penggunaan kartu debit berbasis chip paling lambat akhir tahun 2021. 

Untuk memfasilitasi ketentuan tersebut, BCA telah menyiapkan 3 jenis layanan penukaran: 

Pertama, nasabah dapat menukarkan kartu debit secara mandiri menggunakan mesin CS Digital BCA. Layanan ini dapat digunakan untuk penukaran Kartu Debit BCA dan Xpresi BCA. 

Baca Juga: Batas penggantian kartu ATM magnetic stripe BCA dan BNI kian dekat, kapan waktunya?

Kemudian, nasabah juga dapat melakukan penukaran kartu debit di seluruh kantor cabang BCA. Layanan ini dipastikan Pelanggan dapat melakukannya tanpa dipungut biaya, atau gratis. 

Jika nasabah tidak ingin keluar rumah, nasabah dapat melakukan penukaran kartu debit dengan menghubungi Halo BCA 1500888 dan aplikasi haloBCA. Tarif pengiriman kartu yang akan dikenakan kepada pelanggan adalah Rp 20.000. 

“Khusus Simpanan Pelajar dan BCA Cash, penggantian kartu hanya bisa dilakukan melalui Kantor Cabang BCA terdekat,” tulis manajemen BCA.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Besok Diblokir, Segera Tukarkan Kartu ATM Magnetik BCA Anda!"
Penulis : Rully R. Ramli
Editor : Erlangga Djumena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×