kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.278.000   -12.000   -0,52%
  • USD/IDR 16.691   38,00   0,23%
  • IDX 8.271   106,97   1,31%
  • KOMPAS100 1.153   16,90   1,49%
  • LQ45 843   11,74   1,41%
  • ISSI 286   3,70   1,31%
  • IDX30 443   6,50   1,49%
  • IDXHIDIV20 512   8,82   1,75%
  • IDX80 130   1,98   1,55%
  • IDXV30 138   1,43   1,05%
  • IDXQ30 141   2,17   1,57%

Klaim Jasindo Syariah Turun 33,82% hingga Agustus 2025


Selasa, 16 September 2025 / 20:41 WIB
Klaim Jasindo Syariah Turun 33,82% hingga Agustus 2025
ILUSTRASI. Segmen ritel Jasindo: Pelayanan nasabah di Kantor Cabang Jasindo, Slipi, Jakarta Barat, Senin (10/2). Jasindo akan tingkatkan segmen ritel menjadi 30% atau dengan premi senilai Rp 2 triliun pada 2018 mendatang. Tahun 2013, perseroan mengantongi premi dari segmen ritel sebesar Rp 1,049 triliun atau bertumbuh 38% ketimbang tahun sebelumnya. Per Januari 2014, pertumbuhannya tembus 48% atau mencapai Rp 67 miliar ketimbang periode yang sama tahun lalu, yaitu Rp 46 miliar. KONTAN/BAihaki/10/2/2014


Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Jasindo Syariah mencatat total klaim yang telah diselesaikan (settlement) sebesar Rp 77,02 miliar hingga Agustus 2025. Angka tersebut turun 33,82% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sekretaris Perusahaan Jasindo Syariah, Wahyudi menyampaikan penurunan ini terjadi karena adanya peningkatan efektivitas pengelolaan risiko dan kualitas portofolio yang lebih sehat. 

“Kami memandang klaim bukan hanya sebagai kewajiban finansial, tetapi juga sebagai wujud nyata komitmen perusahaan dalam memberikan perlindungan dan pelayanan kepada peserta,” kata Wahyudi kepada Kontan, Selasa (16/9/2025).

Baca Juga: Jasindo Syariah Optimistis Tingkatkan Pangsa Pasar Asuransi Syariah

Adapun klaim terbanyak berasal dari lini Asuransi Kendaraan Bermotor (KBM), diikuti Marine Hull, Engineering, dan Property (Kebakaran). Komposisi ini disebut masih sejalan dengan fokus portofolio bisnis yang saat ini dikelola perusahaan.

Untuk menjaga keseimbangan antara pertumbuhan premi dan beban klaim, Jasindo Syariah menjalankan strategi dari sisi underwriting maupun klaim. Dari sisi underwriting, perusahaan menerapkan seleksi risiko ketat serta menetapkan Rate, Term, and Condition (RTC) yang sesuai dengan tingkat risiko objek pertanggungan.

Baca Juga: Jasindo Syariah Bidik Premi Asuransi Haji dan Umrah Tumbuh 50% secara Tahunan

Sementara dari sisi klaim, perusahaan melakukan sejumlah langkah seperti koordinasi dengan bengkel rekanan untuk efisiensi perbaikan kendaraan, kerja sama dengan independent adjuster untuk penilaian objektif, hingga rekonsiliasi claim recovery dengan reasuransi maupun koasuransi. 

Jasindo Syariah juga membangun komunikasi dengan peserta terkait keputusan klaim serta membuka opsi penjadwalan ulang settlement klaim jika diperlukan. "Langkah-langkah tersebut merupakan bagian dari komitmen Jasindo Syariah untuk menjaga keberlanjutan usaha," tuturnya.

Baca Juga: Jasindo Syariah Andalkan Sukuk untuk Jaga Likuiditas dan Stabilitas Investasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×