kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kolaborasi Mantri BRI dan Agen BRILink Perkuat Ekosistem Mikro


Jumat, 01 Maret 2024 / 13:22 WIB
Kolaborasi Mantri BRI dan Agen BRILink Perkuat Ekosistem Mikro
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online. Nasabah melakukan transaksi di agen BRILink Tangerang Selatan, Senin (4/10). Hingga Agustus 2021, Agen BRILink mencatatkan penghimpunan dana murah sebesar Rp 16 triliun atau tumbuh 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy). Sementara pencapaian referral kredit mikro melalui agen ini mencapai 100.000 per akhir Juli atau tumbuh 52% yoy./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/04/10/2021.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Tak hanya menjadi ujung tombak Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjangkau nasabah hingga ke pelosok daerah, Agen BRILink juga memberi keuntungan bagi bisnis bank pelat merah tersebut.

Hingga akhir November 2023 tercatat BRI telah memiliki 719.000 AgenBRILink di seluruh Indonesia. Adapun volume transaksi mencapai Rp 1.293 triliun.

Jumlah fee based income dari AgenBRILink hingga akhir November 2023 sebesar Rp1,4 triliun. Para agen secara total bisa mendapatkan 2 kali-3 kali lipat dari yang diterima BRI. Mereka  menghimpun dana murah senilai Rp22,5 triliun. Agen BRILink juga  mereferalkan masyarakat untuk menjadi debitur. Jumlahnya mencapai 2,6 juta debitur hingga akhir November 2023.

Baca Juga: Agen BRILink Menjadi Bukti Komitmen BRI Menjangkau Nasabah Pegadaian Lebih Luas

Nah di sepanjang 2024,  A. Hendy Bernadi, Sekretaris Perusahaan BRI, mengungkapkan  AgenBRILink tetap fokus pada penguatan ekosistem mikro melalui kemitraan dengan Mantri sebagai tenaga pemasar BRI untuk segmen mikro.

"Lewat kolaborasi  tersebut diharapkan dapat membangun ekosistem ekonomi mikro yang kuat, salah satunya dalam penyaluran pinjaman melalui AgenBRILink Mitra UMi," kata Hendy kepada KONTAN, belum lama ini.  

Hendy berharap AgenBRILink Mitra mampu memberikan manfaat bagi seluruh pelaku UMKM dalam hal penyediaan modal usaha sehingga dapat menghindari praktik rentenir.

AgenBRILink akan terus melakukan peningkatan kualitas layanan. Seperti menambah fitur produk/layanan dan memaksimalkan kemitraan dengan BRI Grup yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat seiring dengan perkembangan bisnis digital.

Baca Juga: PNM Bidik Total Pembiayaan Rp73,82 Triliun di Akhir 2024

Sehingga meskipun AgenBRILink fokus pada pelayanan pasar mikro BRI, AgenBRILink bukan hanya sebagai penyedia untuk segmen tertentu, melainkan sebagai mirtra bisnis yang melayani BRI Group dan menjadi pusat komunitas, menjual produk konsumer dan UKM, serta menyediakan peluang bisnis tambahan untuk AgenBRILink melalui kemitraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×