kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Layanan BRIGUNA Milik BRI Mudahkan Nasabah Dapat Pembiayaan


Senin, 22 April 2024 / 14:44 WIB
Layanan BRIGUNA Milik BRI Mudahkan Nasabah Dapat Pembiayaan
ILUSTRASI. Kontan - BRI Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Pembayaran dengan sistem angsuran membuat layanan kredit cukup diminati masyarakat, tercermin dari tren peningkatan kredit konsumer perbankan. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI misalnya, bank berpelat merah itu berhasil mencatatkan outstanding BRIGUNA mencapai Rp122,8 triliun dengan pertumbuhan 10,5% secara tahunan atau year on year (YoY) per akhir Desember 2023.

Mengutip situs resmi BRI, BRIGUNA adalah kredit yang diberikan kepada calon debitur atau debitur dengan sumber pembayaran repayment) berasal dari sumber penghasilan tetap atau fixed income. Layanan tersebut terdiri dari tiga jenis, yaitu BRIGUNA Karya, BRIGUNA Purna, BRIGUNA Umum.

BRIGUNA Karya dikhususkan kepada calon debitur dengan masa pembiayaan saat calon debitur menjadi pegawai atau karyawan. Sebaliknya, BRIGUNA Purna diberikan kepada calon debitur dengan masa pembiayaan saat calon debitur telah masuk masa pensiun. Sedangkan BRIGUNA Umum dapat dimanfaatkan nasabah untuk masa pembiayaan saat calon debitur menjadi pegawai atau karyawan hingga memasuki masa pensiun.

Produk tersebut dikenal dengan istilah Kredit Tanpa Agunan (KTA) di bank lain. Namun, BRI juga memberikan layanan tersebut kepada nasabah bila perusahaan tempat nasabah bekerja sudah bekerja sama dengan BRI karena pembayaran gaji dan pensiunan yang dikirim melalui BRI.

Untuk jangka waktunya, BRIGUNA Karya menawarkan maksimal kredit hingga 180 bulan atau lima belas tahun. Sedangkan BRIGUNA Purna punya penawaran menarik dengan jangka waktu kredit hingga 180 bulan atau 15 tahun, namun dengan usia maksimal mencapai 75 tahun. Keduanya mensyaratkan agunan utama berupa SK debitur dan tidak ada agunan tambahan atau fixed asset.

Baca Juga: BRI Berikan Saldo USD50 untuk Nasabah yang Buka Tabungan BritAma Valas

Persyaratan yang harus dilengkapi antara lain:

  1. Foto copy identitas diri (suami/istri)
  2. Foto copy Kartu Keluarga
  3. Asli SK Pengangkatan Pertama sebagai pegawai tetap dan SK Terakhir (dapat disesuaikan)
  4. Daftar Gaji
  5. Surat Rekomendasi dari atasan.
  6. Asli SK Pensiun (untuk pensiunan)
  7. Daftar Pembayaran Pensiun (untuk pensiunan)
  8. Foto copy KARIP (untuk pensiunan)
  9. Buku Pensiun (untuk pensiunan)

Baca Juga: Promo Spesial BRI Berikan Diskon Rp50.000 untuk Refleksologi di Meiso

Dengan persyaratan tersebut, nasabah BRIGUNA dapat menggunakan pembiayaan untuk kebutuhan produktif dan non produktif misalnya seperti pembelian barang bergerak/tidak bergerak, perbaikan rumah, keperluan kuliah atau sekolah, pengobatan, pernikahan, dan lain-lain (gaji/uang pensiun).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×