kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meningkatkan Kesejahteraan Anak: Peran APBN Indonesia


Kamis, 07 Desember 2023 / 15:02 WIB
Meningkatkan Kesejahteraan Anak: Peran APBN Indonesia
ILUSTRASI. Kontan - Kementerian Keuangan Republik Indonesia Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Indonesia, sebagai negara yang prihatin terhadap masa depan generasinya, telah menetapkan kebijakan khusus dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak. Kebijakan ini mencakup berbagai sektor, seperti kesehatan, pendidikan, dan kualitas hidup secara menyeluruh.

Inisiatif Kesehatan

Melalui APBN 2024, Pemerintah menjadikan kesehatan anak-anak sebagai prioritas utama yang diwujudkan melalui sejumlah program proaktif. Fokus utama adalah penurunan stunting, masalah gizi kronis pada anak-anak. Langkah-langkah mencakup vaksinasi, pemeriksaan kesehatan rutin, dan penyediaan obat-obatan esensial. Program ini juga berorientasi pada pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita dengan alokasi dana yang signifikan.

Pemerintah berkomitmen mengurangi dampak buruk gizi kronis dengan pendekatan jangka panjang. Selain penyediaan makanan tambahan, program 1000 Hari Pertama Kehidupan melibatkan keluarga untuk memastikan anak-anak mendapatkan nutrisi yang optimal sejak dini. Dengan ini, APBN tidak hanya menyelamatkan nyawa anak-anak tetapi juga meningkatkan status kesehatan secara menyeluruh.

Program Pendidikan

Kontan - Kementerian Keuangan Republik Indonesia Kilas Online

Upaya meningkatkan mutu dan akses pendidikan tercermin dalam APBN. Fokusnya adalah perluasan wajib belajar, bantuan pendidikan, dan peningkatan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pemerintah juga memberi perhatian khusus pada sarana pendidikan di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T), serta peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan.

Penguatan pendidikan vokasi, melalui strategi "link and match," menunjukkan visi jangka panjang pemerintah untuk menciptakan tenaga kerja yang sesuai dengan tuntutan industri. APBN mengalokasikan sumber daya guna membangun fondasi pendidikan, menciptakan ekosistem inklusif dan berdaya saing.

Bantuan Sosial dan Perlindungan

Dalam upaya memberikan perlindungan dan bantuan kepada keluarga rentan, APBN melibatkan program bantuan sosial komprehensif. Bantuan keuangan dan dukungan nutrisi, serta program pendidikan, bertujuan membantu keluarga mengatasi kesulitan ekonomi dan memberikan keamanan finansial.

Dengan fokus pada nutrisi, pemerintah melalui APBN memastikan anak-anak mendapatkan asupan yang memadai. Ini mencakup distribusi makanan bergizi dan penyuluhan tentang pola makan sehat.

Pembangunan Infrastruktur Berfokus Anak

Kontan - Kementerian Keuangan Republik Indonesia Kilas Online

Proyek infrastruktur di bawah APBN memiliki fokus khusus pada pembangunan sarana pendidikan. Renovasi dan pembangunan sekolah, dengan total 732 unit, menunjukkan seriusnya pemerintah dalam memberikan fondasi pendidikan yang kuat. Pembangunan sarana pendidikan tidak hanya investasi fisik, tetapi juga investasi dalam masa depan anak-anak.

Penanggulangan Pekerja Anak

APBN 2024 memprioritaskan penanggulangan pekerja anak dengan mengikuti standar internasional dan prinsip hak asasi manusia. Langkah-langkah penegakan hukum, kampanye pendidikan, dan program dukungan keluarga menjadi bagian integral dari inisiatif ini. APBN memastikan regulasi yang melarang pekerjaan anak ditegakkan secara tegas dan memberikan dukungan kepada keluarga.

Program pendidikan di samping penegakan hukum bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang dampak buruk pekerjaan anak. Program dukungan keluarga, termasuk bantuan keuangan dan pelatihan keterampilan, dirancang untuk mengatasi akar permasalahan.

Program Inklusi Digital dan Literasi

Kontan - Kementerian Keuangan Republik Indonesia Kilas Online

APBN mengakui pentingnya literasi digital dan menyediakan sumber daya untuk meningkatkan inklusi digital anak-anak. Investasi dalam konten pendidikan digital dan pengembangan literasi digital mencerminkan keseriusan pemerintah menghadapi tantangan teknologi informasi. Dengan demikian, APBN berperan dalam membentuk generasi muda yang kompeten dan siap menghadapi era digital.

Secara keseluruhan, APBN Indonesia mencerminkan komitmen komprehensif terhadap kesejahteraan anak-anak. Dengan mengalokasikan sumber daya secara strategis, pemerintah berupaya menciptakan lingkungan di mana setiap anak dapat tumbuh dan berkembang. Implementasi kebijakan ini menjadi kunci untuk menjamin masa depan yang cerah dan sejahtera bagi generasi muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×