kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Migrasi kartu debit bercip Bank BTN sudah mencapai 93,14%


Jumat, 10 Juli 2020 / 17:43 WIB
Migrasi kartu debit bercip Bank BTN sudah mencapai 93,14%
ILUSTRASI. Jumlah kartu debit beredar Bank Tabungan Negara (BTN) yang berbasis cip sudah mencapai 4,66 juta kartu.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah kartu debit beredar PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) yang berbasis cip sudah mencapai 4,66 juta kartu. Implementasi itu sudah 93,14% dari total jumlah kartu debit BTN. Artinya sudah melewati batasan minimal yang dipersyaratkan Bank Indonesia (BI).

Sesuai aturan BI, seluruh kartu debit perbankan yang beredar sudah harus menggunakan cip pada akhir 2021. Sampai akhir tahun ini, bank dipersyaratkan sudah harus memenuhi minimal 80%.

Jasmin, Direktur Distribusi dan Retail Funding BTN mengatakan, pandemi Covid-19 cukup berpengaruh menekan bisnis bank BTN, termasuk realisasi penerbitan kartu. "Namun, dari sisi migrasi kartu debit atau kartu ATM dengan berbasis cip, BTN sudah mampu memmenuhi batasan minimum ketentuan BI," katanya pada Kontan.co.id, Jumat (10/7).

Baca Juga: Proses implementasi kartu debit chip Bank Mandiri terhambat pandemi corona

Hingga akhir Juni 2020, total kartu debit BTN mencapai 6.77 juta atau meningkat 13,12% dibandingkan periode yang sama tahun 2019. Sementara dari jumlah kartu debit bercip yang telah menggunakan logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) mencapai 1,28 juta kartu.

Jasmin menambahkan, proses percepatan migrasi kartu menjadi berbasis cip terus dilakukan BTN dengan berbagai cara. Yakni, BTN secara rutin dan terjadwal menyampaikan penginformasian kepada nasabah untuk melakukan pergantian kartu menjadi berbasis cip melalui blast email maupun SMS.

Lalu, setiap penerbitan kartu bagi nasabah baru juga sudah berbasis cip. Kemudian, BTN melakukan proses piloting terstruktur per wilayah proses percepatan migrasi kartu menjadi berbasis cip dimana tahun ini ini telah dilaksanakan proses percepatan di beberapa kantor wilayah BTN dengan total 144.000 nasabah.

Akhir tahun ini, BTN berencana melanjutkan proses piloting percepatan migrasi kartu debit menjadi berbasis cip di seluruh kantor cabang BTN.

Baca Juga: Percepat implementasi kartu debit chip, ini strategi Bank Mandiri, BNI dan BCA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×