kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Migrasi polis Jiwasraya ke IFG Life mulai September 2021


Minggu, 25 Juli 2021 / 12:01 WIB
Migrasi polis Jiwasraya ke IFG Life mulai September 2021
ILUSTRASI. Migrasi polis Jiwasraya ke IFG Life akan dimulai pada September 2021.

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selangkah lagi, polis hasil restrukturisasi polis Jiwasraya segera dipindahkan. Rencananya, polis tersebut akan dipindahkan ke IFG Life, yang merupakan perusahaan asuransi jiwa baru.

Hal itu diungkapkan Indonesia Financial Group (IFG), sebagai induk IFG Life setelah menunjuk Farid Azhar Nasution sebagai Direktur Keuangan dan Investasi IFG Life.

"Penunjukkan tersebut untuk mendukung jalannya proses transfer portofolio Jiwasraya, sesuai dengan rencana migrasi polis yang akan dilaksanakan secara bertahap mulai September 2021," kata Sekretaris Perusahaan IFG, Beko Setiawan, Sabtu (24/7).

Namun proses migrasi polis tersebut masih terus bergulir. Saat ini, manajemen masih menunggu suntikan dana pemerintah baru kemudian mengalihkan aset Jiwasraya ke IFG Life.

Baca Juga: Farid Nasution ditunjuk jadi Direktur Keuangan dan Investasi IFG Life

Koordinator Juru Bicara Tim Percepatan Restrukturisasi Jiwasraya R. Mahelan Prabantarikso menyebut, pengalihan aset tersebut memakan waktu. Maka itu, pengalihan aset itu dilakukan secara bertahap.

"Proses pengalihan aset akan dilakukan secara bertahap sampai dengan Desember 2021," kata Mahelan.

Untuk saat ini, manajemen masih mendata aset mana saja yang akan dialihkan. Nantinya, aset yang tidak unclear dan unclear akan ditinggal dan dikelola oleh Jiwasraya.

Misalnya, ada aset properti Jiwasraya yang dikuasai oleh pihak lain maka manajemen akan menempuh jalur hukum agar aset itu kembali. Jiwasraya juga akan mengelola aset nasabah yang tidak ikut restrukturisasi.

Berdasarkan neraca dan laporan rugi laba 2020, nilai aset Jiwasraya terus menyusut. Pada 2020 lalu, aset Jiwasraya susut 13,45% yoy sehingga tersisa Rp 15,69 triliun.

Dengan aset yang tersisa, perusahaan berencana memindahkannya ke IFG Life. Berdasarkan laporan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) bertajuk Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Pemerintah Pusat Tahun 2020, terungkap bagaimana skema pengalihan aset tersebut.

Rencananya, pada Maret 2021, portofolio bancassurance dan unitlink akan lebih dulu dipindahkan ke IFG Life setelah mendapatkan dana segar dari suntikan dana pemerintah serta penerbitan obligasi oleh IFG.

Pada Juni 2021, seluruh portofolio yang berhasil direstrukturisais akan dipindahkan ke IFG Life setelah penyertaan modal. Sedangkan portofolio yang tidak berhasil direstrukturisasi akan tetap ditinggal di Jiwasraya.

"Portofolio yang tidak berhasil direstrukturisasi akan tetap ditinggal untuk selanjutnya perseroan akan melakukan proses penghentian pertanggungan mengacu pada pasal 27 POJK Nomor 23 Tahun 2015 menggunakan mekanisme pemberitahuan secara tertulis kepada nasabah," tulis laporan tersebut.

Dari laporan itu, Jiwasraya wajib akan membayar polis paling sedikit sesuai nilai tunai atau cadangan akumulasi dana. Itu semua mempertimbangkan ketentuan, likuiditas serta serta ketersediaan dana. Nantinya, kewajiban itu akan dialihkan dari kontrak polis menjadi utang piutang.

Di sisi lain, pengalihan aset itu tidak mengacu pada liabilitas yang direstrukturisasi, tapi kondisi aset itu sendiri. Jika kewajiban perusahaan tidak berhasil direstrukturisasi, maka pembayaran kewajiban itu berasal dari sisa aset yang tidak dapat dipindahkan ke IFG Life.

Untuk menghindari defisit ekuitas aset di IFG Life, BPK memperkirakan jumlah aset yang ditransfer pada Desember 2021, sekitar Rp 11,93 triliun setelah dilakukan impairment. Sementara Kementerian Keuangan menilai aset yang bisa dialihkan justru lebih besar yakni Rp 13,1 triliun.

 

Selanjutnya: Ini strategi IFG Life mengarungi persaingan di bisnis asuransi jiwa

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×