kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Panin Targetkan Kredit Pemilikan Mobil Rp 7 Triliun


Jumat, 14 Mei 2010 / 08:35 WIB
Panin Targetkan Kredit Pemilikan Mobil Rp 7 Triliun


Reporter: Roy Franedya | Editor: Test Test

JAKARTA. Penjualan mobil dari tahun ke tahun terus menunjukkan tren kenaikan. Makanya Panin Bank berniat memanfaatkan momentum ini untuk menggenjot kredit pemilikan mobil (KPM) di tahun 2010. Panin optimistis, tahun ini penyaluran KPM-nya bisa tumbuh 75%, menjadi Rp 7 triliun.

Untuk mencapai target itu, Bank Panin menggandeng PT Adedanmas, lembaga pembiayaan resmi untuk pemasaran Mercedes Benz di Indonesia. Menurut Ken Ng, Direktur Ritel Panin Bank, pihaknya sengaja menggandeng Adedanmas karena peminat mobil Mercedes Benz di Indonesia cukup membludak. "Permintaan terhadap mobil ini cukup tinggi dan kondisi pasarnya baik," kata Ken, Rabu (12/5).

Saat ini, pangsa pasar penjualan Mercedes Benz di Indonesia mencapai 69% dari total penjualan mobil di kelas premium. Selain itu, kredit macet atau non-performing loan (NPL) penyaluran pembiayaan kendaraan kelas premium sangat kecil. "Ini membuat kami nyaman dalam menyalurkan kredit KPM, sebab para nasabahnya adalah kelas premium yang jarang menunggak pembayaran," ujar Ken.

Per April 2010, NPL KPM Panin berada di kisaran 0,3% - 0,4%. Sekadar informasi, hingga Juli 2010 Bank Panin mematok bunga KPM sebesar 1,68% setahun. Saat ini, rata-rata bunga KPM di kalangan perbankan mencapai 4,95% untuk kredit setahun, 5,75% untuk dua tahun, dan 5,85% untuk tiga tahun. Hingga April 2010, Panin telah menyalurkan KPM sebesar Rp 4,8 triliun. Angka ini naik 30% dari penyaluran KPM pada periode yang sama tahun lalu Rp 3,69 triliun.

Saat ini, KPM menyumbang 10% dari total kredit Panin. Demi menggenjot kinerja KPM, Panin akan mengoptimalkan pelayanan dan pemasaran KPM. Panin Bank juga akan meningkatkan kerjasama dengan dealer dan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Saat ini, Panin telah membuka 40 sentra pelayanan KPM yang tersebar diseluruh Indonesia.

Menurut Hendrik Hassan, Presiden Direktur PT Adedanmas, kerjasama ini akan mengerek penjualan mobil Mercedes Benz. "Dalam dua bulan saja, penjualan kami lewat Panin Bank sudah mencapai 100 unit," jelasnya. Tahun ini, Adenmas menargetkan bisa menjual 400 unit Mercedes Benz melalui Panin Bank. Hingga April, outstanding penjualan mobil Panin mencapai 240.000 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×