kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Patuhi Aturan Spin Off, Allianz Resmi Luncurkan Allianz Syariah


Kamis, 16 November 2023 / 21:00 WIB
Patuhi Aturan Spin Off, Allianz Resmi Luncurkan Allianz Syariah
ILUSTRASI. Allianz resmikan kehadiran Allianz Syariah yang sebenarnya telah beroperasi di 1 November 2023


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan asuransi Allianz mengumumkan berdirinya PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) sebagai hasil spin off Unit Usaha Syariah (UUS). Adapun perusahaan tersebut telah beroperasi penuh sejak 1 November 2023. 

Spin off tersebut bisa dibilang sebagai tindak lanjut untuk memenuhi peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang telah menerbitkan peraturan tentang Unit Usaha Syariah (UUS). Adapun aturan tersebut merupakan tindak lanjut dari Undang-undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK).

Adapun unit usaha syariah untuk asuransi itu wajib spin off paling lambat 31 Desember 2026 dan itu, sedangkan modal inti yang dipatok itu minimum sebesar Rp 100 miliar.

Selain mengikuti aturan tersebut, tak dipungkiri Allianz Syariah yang kini berdiri sendiri bisa dibilang juga bertujuan memaksimalkan potensi pasar yang ada melalui produk yang disalurkan.

Baca Juga: Sejumlah Insurtech Manfaatkan Momen Akhir Tahun untuk Dulang Premi

Berdasarkan Laporan Perkembangan Keuangan Syariah dari Otoritas Jasa Keuangan menyatakan bahwa ekonomi syariah terus mengalami pertumbuhan yang signifikan hingga akhir tahun 2022. 

Total aset Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Syariah mencapai Rp 146,12 triliun, dengan laju pertumbuhan aset sebesar 20,88%. Dari sisi market share, asuransi jiwa syariah tercatat sebesar 5,62%, sehingga potensi pasarnya masih sangat besar. 

Direktur Utama Allianz Life Syariah Indonesia Achmad Permana mengatakan bahwa dari melihat kebutuhan proteksi masyarakat yang sangat beragam, Allianz Syariah hadir dengan tujuan untuk menjangkau semua lapisan masyarakat Indonesia dengan menyediakan perlindungan dan nilai-nilai kebaikan syariah di dalamnya. 

“Kehadiran entitas baru Allianz Syariah adalah bukti nyata komitmen kami untuk berfokus pada bisnis asuransi syariah dan terus berpartisipasi mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia," ucapnya saat konferensi pers di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (16/11).

Achmad menerangkan Allianz Indonesia terbilang sudah berpengalaman dalam menyediakan perlindungan asuransi syariah yang telah dimulai sejak 2006, sehingga nilai-nilai kebaikan sesuai prinsip syariah bukanlah suatu hal yang baru bagi perusahaan. 

Dia bilang setelah 17 tahun mengembangkan unit usaha syariah, pada akhirnya Allianz Syariah dapat berdiri sendiri sebagai suatu perusahaan. 

Sementara itu, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia Alexander Grenz menyatakan bahwa Allianz sepenuhnya mendukung Allianz Life Syariah Indonesia dengan misi yang sama, yakni melindungi masa depan lebih banyak masyarakat Indonesia yang penuh keberagaman.

Baca Juga: Saham Anjlok, Presiden Direktur Borong Saham TUGU

“Hingga 2022, Allianz Indonesia telah melindungi lebih dari 10 juta tertanggung nasabah. Dengan lahirnya Allianz Syariah, kami terus fokus untuk memberikan perlindungan yang bukan hanya melindungi individu, melainkan juga berbagi kebaikan dengan semua lapisan masyarakat Indonesia. 

"Dengan memanfaatkan brand & reputasi, infrastruktur/teknologi, sumber daya manusia, serta modal/kekuatan finansial Allianz, Allianz Syariah berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menyediakan produk syariah untuk melindungi lebih banyak masyarakat Indonesia,” ujarnya.




TERBARU

[X]
×