kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peningkatan penjualan sepeda motor turut mendongkrak kinerja FIF Group


Selasa, 16 November 2021 / 11:47 WIB
Peningkatan penjualan sepeda motor turut mendongkrak kinerja FIF Group
ILUSTRASI. Peningkatan penjualan sepeda motor turut mendongkrak kinerja FIF Group


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Geliat pertumbuhan ekonomi di tahun ini memberikan harapan yang lebih baik di tahun depan, termasuk di industri sepeda motor. Tentunya hal ini menjadi angin segar bagi PT Federal International Finance Group (FIFGROUP).

Pasalnya, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) memprediksi pertumbuhan permintaan sepeda motor baru di pasar domestik akan meningkat menjadi 5,1 juta-5,4 juta unit.

Selain itu, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh APPI, penyaluran pembiayaan untuk sepeda motor baru dan bekas hingga September 2021 meningkat sebesar 19,8% menjadi Rp.55,6 triliun dibandingkan September 2020 sebesar Rp.46,45 triliun.

Sementara, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) penjualan sepeda motor secara nasional pada periode Januari – September 2021 mencapai 3,76 juta unit. Angka ini meningkat 56,8% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar 2,18 juta unit.

Baca Juga: Multifinance ketiban berkah dari meningkatnya penjualan sepeda motor

Hal ini sejalan dengan menurunnya trend kasus dari Covid-19 pada pertengahan kuartal III/2021 dan ditandai dengan penurunan level PPKM terutama di daerah Jawa-Bali, sehingga mobilitas dari penduduk mulai meningkat kembali.

Perbaikan kasus ini juga didukung oleh terus meningkatnya penduduk Indonesia yang sudah mendapatkan vaksin, dengan demikian kami optimis pasar motor akan kembali bertumbuh sejalan dengan bergulirnya kembali roda perekonomian Indonesia.

Dengan adanya geliat pertumbuhan sepeda motor, Per September 2021 FIF Group berhasil menyalurkan pembiayaan sepeda motor sebesar Rp 24,4 triliun atau mengalami kenaikan sebesar 2,5% secara yoy.

Direktur Utama FIFGROUP, Margono Tanuwijaya menyatakan, pandemi yang terjadi di awal tahun 2020 memang berdampak besar untuk seluruh industri, salah satunya pembiayaan.

"Hal ini juga sejalan dengan penurunan performance FIFGROUP di tahun 2020, yang jika di lihat masih lebih baik dari industri yaitu hanya 22%. Kendati demikian, secara total proyeksi amount finance di 2021 naik 5% sama dengan proyeksi dari kenaikan industri," kata Margono kepada kontan.co.id, belum lama ini.

Baca Juga: Ekonomi Membaik, Pembiayaan Motor Mulai Mendaki

Margono juga menjelaskan, sampai dengan saat ini pembiayaan kendaraan roda dua dengan brand FIFASTRA masih memiliki porsi yang paling besar, yaitu 63,0% dari total pembiayaan FIF, diikuti dengan DANASTRA 33,0%, SPEKTRA 5,5%, dan AMITRA 0,5%.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×