kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,20   -0,70   -0.08%
  • EMAS943.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -0.21%
  • RD.CAMPURAN 0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.11%

Peran Ibu Menjadi Manajer Keuangan Rumah Tangga


Selasa, 18 Mei 2021 / 21:42 WIB
Peran Ibu Menjadi Manajer Keuangan Rumah Tangga
ILUSTRASI. Menjadi peka akan finansial tidak hanya terjadi pada diri sendiri, melainkan peran seorang ibu yang pintar mengatur keuangan rumah tangga


Reporter: Tim KONTAN | Editor: indah sulistyorini

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Peran perempuan di dalam keluarga tidak hanya mengurus suami dan anak-anaknya, tetapi juga memiliki tanggung jawab dalam mengelola keuangan keluarganya.

Saat ini, sudah menjadi sebuah kenyataan yang tidak bisa dibantah bahwa begitu banyak perempuan yang tampil sebagai manajer keuangan rumah tangganya. Bukan hanya mengelola, melainkan bisa jadi turut serta menjadi sumber pendapatan keluarga dengan cara yang beragam.

Meski sering dituduh rentan tergoda diskon dan belanja, secara umum perempuan juga dianggap lebih cermat dan disiplin terhadap anggaran keuangan. Selain itu, perempuan juga lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Baca Juga: Berikut Tips Berinvestasi yang Dapat Diikuti Mahasiswa

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan para Ibu agar bisa berhasil menjadi manajer keuangan dalam rumah tangga.

Pertama, berkomunikasi secara terbuka. Setiap anggota keluarga, khususnya suami dan istri sudah seharusnya saling terbuka menyampaikan berapa penghasilan yang diterima, berapa pengeluaran yang dibutuhkan.

Kedua, membuat pos anggaran. Untuk keperluan keluarga sehari-hari buat beberapa pos anggaran sesuai kebutuhan. Beberapa pos yang biasanya cukup penting adalah kebutuhan konsumsi harian, tagihan listrik dan air, cicilan wajib bulanan, transportasi, hiburan, dana darurat, tabungan, dan investasi.

Ketiga, tak hanya dalam pengelolaan keuangan rumah tangga, peran perempuan diperlukan dalam memberikan edukasi finansial, khususnya kepada anak-anak. Melalui perannya sebagai ibu, perempuan bisa menanamkan pentingnya menabung sejak dini.

Keempat, kunci sukses mengatur keuangan rumah tangga adalah kemampuan dalam menabung. Tips untuk menabung adalah dengan menyisihkan, bukan menyisakan uang setiap bulan.

Ibu dapat menyisihkan dana tabungan dengan dengan mengikuti program deposito dari J Trust Bank. Bulan ini, J Trust Bank menawarkan program bundling deposito J Trust One di mana nasabah berkesempatan meraih keuntungan kombo dengan menikmati bunga ganda bundling berupa bunga deposito sebesar 6,50% per tahun dan tabungan 4,25% per tahun.

Program bundling deposito J Trust One dilaksanakan mulai 1 Mei 2021 hingga 31 Mei 2021. Nasabah lama maupun baru dapat mengikuti program spesial ini, yang penting dana yang disetorkan merupakan dana baru alias fresh fund.

Penempatan dana bundling tidak termasuk setoran awal pada tabungan J Trust One. Minimum dana kepesertaan adalah Rp100 juta dengan komposisi 66% untuk deposito dan 34% untuk tabungan J Trust One. Maksimum penempatan dana pada program ini tidak terbatas.

Untuk memeroleh bunga deposito dan tabungan spesial dari program deposito J Trust One ini, dana yang disimpan pada Tabungan J Trust One akan dilakukan hold dengan jangka waktu yang sama dengan tenor deposito yang dipilih. Saat ini, ada dua pilihan jangka waktu penempatan dana para program deposito J Trust One, yakni 1 bulan dan 3 bulan.

Hasil bunga deposito dapat dibayarkan setiap bulan ke rekening Tabungan J Trust One. Adapun, ketentuan biaya administrasi bulanan pada rekening tabungan deposito J Trust One tetap berlaku. Selain itu, tabungan deposito J Trust One dapat digunakan sebagai rekening penampungan hasil bunga deposito.

Sebagai informasi, bunga deposito dari program deposito J Trust One hanya dapat dicairkan setelah tanggal jatuh tempo. Selain itu, terdapat resiko perubahan suku bunga tabungan karena penyesuaian kebijakan bank.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program-program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi laman www.jtrustbank.co.id.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Sukses Presentasi: Presentasi Online Yang Tidak Membosankan Batch 2

[X]
×