kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbankan optimistis target penyaluran KUR terpenuhi, ini alasannya


Jumat, 23 Oktober 2020 / 08:00 WIB
Perbankan optimistis target penyaluran KUR terpenuhi, ini alasannya


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sejumlah bank semakin mengalami peningkatan dari bulan ke bulan semenjak aktivitas ekonomi mulai dilonggarkan. Dengan perkembangan yang ada, bank optimistis kuota yang sudah peroleh bisa tersalurkan penuh sampai ujung tahun.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) misalnya bulan September saja berhasil menyalurkan KUR sebesar Rp 13,42 triliun.

Sehingga total dari Januari-September, bank pelat merah ini telah merealisasikan KUR sebesar Rp 90,1 triliun atau 64,2% dari kuota yang diperoleh perseroan yakni Rp 140,2 triliun.

BRI memperoleh tambahan kuota KUR sebesar Rp 20 triliun tahun ini yang terdorong dari KUR mikro Rp 10 triliun dan KUR super mikro Rp 10 triliun. Awalnya perseroan hanya mendapat kuota Rp 120,2 triliun.

Baca Juga: Bank Mandiri optimitis target penyaluran KUR Rp 30 triliun tercapai

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, penyaluran KUR selama sembilan bulan pertama itu diberikan pada  3,34 juta debitur. "Penyaluran terbesar berada di sektor produksi sebesar Rp 53,8 triliun atau 59,7% dari total penyaluran," katanya pada Kontan.co.id, Kamis (22/10).

BRI gencar menggandeng e-commerce dan platform transportasi online untuk meyalurkan KUR. Sampai September, BRI sudah salurkan Rp 3,5 miliar lewat kerja sama itu.

Untuk mencapai target penyaluran KUR tahun ini, salah satu strategi BRI adalah menambah kerja sama dengan e-commerce dan ride hailing sehingga akan menambah potensi debitur dan menjangkau seluruh UMKM di Indonesia.

Penyaluran KUR PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) juga kian meningkat. Di bulan Agustus dan September, bank ini berhasil menyalurkan KUR Rp 5 triliun.

Dengan tambahan tersebut, total KUR yang sudah direalisasikan bank ini mencapai Rp 15 triliun atau 68,2% dari kuota tahun ini yakni Rp 22 triliun.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×