kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbankan Terus Dukung Penerapan ESG Lewat Pembiayaan dan Program CSR


Kamis, 27 Januari 2022 / 21:40 WIB
Perbankan Terus Dukung Penerapan ESG Lewat Pembiayaan dan Program CSR
ILUSTRASI. Bank BRI


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan terus berkomitmen untuk mendukung prinsip lingkungan, sosial, tata kelola (ESG) yang mengacu pada tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).  Komitmen itu tidak dalam bentuk dukungan pembiayaan ke pelaku industri yang menerapkan ESG tetapi juga menerapkan sendiri prinsip tersebut lewat program-program tanggung jawab sosial perusahaan.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) melihat potensi bisnis dari pembiayaan berbasis ESG akan terus mengalami peningkatan seiring dengan perhatian yang besar berbagai pemangku kepentingan terkait hal tersebut.

Aestika Oryza Gunarto, Sekretaris Perusahaan BRI mengatakan, ESG merupakan salah satu komitmen BRI dalam strategi transformasi yang dilakukan.

"Organisasi perusahaan telah disesuaikan untuk itu. BRI membentuk Unit Kerja Khusus yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan ESG itu," katanya pada KONTAN, Kamis (27/1).

Baca Juga: BCA Salurkan Kredit Berkelanjutan Rp 154,4 triliun

Komitmen BRI dalam penerapan ESG tercermin dari operasional bisnis komposisi aset yang dimiliki BRI. Di mana hingga kuartal III-2021, sebanyak 64,6% atau setara Rp588,6 triliun aset BRI merupakan aset dengan penerapan prinsip ESG. Angka tersebut akan diupayakan terus meningkat dari waktu ke waktu.

BRI telah memperkuat tata kelola ESG, diantaranya dengan membentuk Desk ESG (Unit Kerja Khusus yang mengelola ESG) dan penyelenggaraan ESG Committee.

Selain itu, dalam transformasi BRI yang di dalamnya terdapat penerapan ESG juga terus diupayakan untuk diimplementasikan hingga ke perusahaan anak BRI, sehingga fungsi dalam rangka value creation dalam penerapan praktik ESG juga akan terus ditingkatkan terhadap BRI Group.

"Transformasi di sembilan anak perusahaan tersebut juga mendorong pemetaan risiko atau spreading risk yang lebih optimal. Dengan begitu, BRI bisa tetap meneruskan pertumbuhan bisnis berkelanjutan," tambahnya.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×