kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,47   7,12   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Percepat penanganan Covid-19, BNI berikan bantuan mobile laboratory


Selasa, 01 September 2020 / 16:58 WIB
Percepat penanganan Covid-19, BNI berikan bantuan mobile laboratory
ILUSTRASI. Petugas menunjukkan bagian dalam Mobile Laboratory Bio Safety Level (BSL) 2 di Tangerang Selatan, Banten


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia, BNI bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta Yayasan BUMN mempersembahkan Mobile Laboratory Bio Safety Level (BSL) – 2 yang dibuat oleh anak negeri. Fasilitas ini diserahkan kepada Pertamedika sebagai laboratorium pemeriksaan Covid-19 pertama di Indonesia yang fleksibel dan dapat berpindah-pindah tempat.

Serah terima fasilitas Mobile Laboratory tersebut dilaksanakan di halaman Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Minggu (30 /8). Hadir pada penyerahan tersebut Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang PS Brodjonegoro, Kepala BPPT Hammam Riza, Direktur Kesiapsiagaan BNPB Eny Supartini, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Ketua Yayasan BUMN Harjawan Balaningrath, Direktur Utama BNI Herry Sidharta serta jajaran Direksi dan Komisaris BNI, dan Direktur Utama Petramedika Fathema Djan Rachmat. Hadir juga Komisaris BNI Asmawi Syam dan Sigit Widyawan.

Baca Juga: BNI dukung program bantuan presiden produktif untuk usaha mikro

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang PS Brodjonegoro menyampaikan apresiasi kepada BNI yang telah mempercayai BRIN dan BPPT untuk membantu percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia. Penyebaran covid-19 memang begitu cepat dan mudah, sehingga perlu dilakukan tes secara massal. 

Saat ini, kapasitas laboratorium BSL-2 di Indonesia baru mencapai 20.000 sampel per hari. Sedangkan untuk membangun laboratorium BSL 2 membutuhkan waktu dan biaya. 

"Mobile Laboratory ini merupakan karya anak bangsa yang akan dapat menambah kapasitas laboratorium BSL-2 yang sudah ada di daerah tersebut. Mobile Laboratory juga dapat berpindah-pindah tempat ke kota yang membutuhkan," ujar Bambang, dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (31/8).

Herry Sidharta mengatakan, Mobile Laboratorium BSL-2 tersebut merupakan  laboratorium bergerak untuk pemeriksaan Covid-19 yang pertama di Indonesia. BNI berharap keberadaan Mobile Laboratorium BSL-2 dapat memudahkan pemeriksaan Covid-19 agar lebih cepat dan menjangkau berbagai daerah. “Semoga pandemi ini segera berakhir dan kehidupan kembali normal, dengan pemulihan yang sebenar-benarnya pulih, tanpa menyisakan kesulitan lain yang berarti,” ujar Herry.

Pada kesempatan yang sama, BNI juga menyerahkan bantuan berupa Swab Test Gratis untuk warga kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan. 

Direktur Utama Pertamedika IHC Fathema Djan Rachmat mengatakan, Kolaborasi dengan BNI kali ini merupakan suatu wujud BUMN yang bergerak cepat sesuai dengan perannya dalam memberikan kontribusi bagi masyarakat. Sebagai Holding RS BUMN, Pertamedika IHC sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat karena telah ikut serta dalam upaya pencegahan Covid-19 di wilayah Tangerang.

Baca Juga: BNI dorong ekosistem kelautan dan perikanan dari hulu ke hilir

"Pertamedika IHC siap mendukung upaya BNI sebagai bentuk sinergi  BUMN. Disamping itu, bagi  Pertamedika IHC, penyediaan Mobile Lab Biosafety Level ini menjadi pengokoh Mekanisme  Speed in 4 T dalam penanganan COVID 19 yang dijalankan oleh Pertamedika IHC. Karena unit Mobile Lab Bio Safety Level 2 dapat diubahgerakkan, sehingga akan memungkinkan utk pemeriksaan dengan jangkauan lebih luas di seluruh Indonesia, dan ini  artinya menyokong kecepatan dalam Testing,  Tracking, Tracing,  dan Treatment  (4T) serta monitoring yg dilakukan oleh para expert medis kami," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×