kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perkuat pendanaan, tiga bank ini siap terbitkan obligasi di tahun 2020


Kamis, 05 Desember 2019 / 20:11 WIB
Perkuat pendanaan, tiga bank ini siap terbitkan obligasi di tahun 2020
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di Bank Mandiri Jakarta, Kamis (12/9). Setidaknya, sudah ada tiga bank yang memastikan bakal merilis instrumen pendanaan non konvensional di tahun depan./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/12/09/2019.


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penghujung tahun 2019 sudah di depan mata, perbankan pun sudah menyiapkan sederet rencana untuk memperkuat likuiditas guna menopang kebutuhan ekspansi di tahun 2020. Setidaknya, sudah ada tiga bank yang memastikan bakal merilis instrumen pendanaan non konvensional di tahun depan.

Terbaru, yakni PT Bank Mandiri Tbk yang menyebut punya dua opsi pendanaan yang akan dieksekusi tahun depan. Direktur Treasury and International Banking Bank Mandiri Darmawan Junaidi menjelaskan ada sekitar US$ 1,5 miliar opsi pendanaan yang bisa dilakukan tahun depan.

Baca Juga: Kredit diramal masih seret, bank daerah memasang target konservatif di tahun depan

Jumlah tersebut terdiri dari obligasi dalam mata uang Rupiah dan lanjutan jatah obligasi global Bank Mandiri. "Kami ada PUB II (penawaran umum berkelanjutan) dan lanjutan global bond kemarin, size-nya sekitar US$ 1 miliar," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Rabu (4/12) malam.

Lebih lanjut, bank bersandi saham BMRI ini menjelaskan bahwa untuk PUB II tahap I Bank Mandiri rencananya akan diterbitkan sekitar Rp 3 triliun. Adapun, untuk PUB II Bank Mandiri, besaran jatah yang dapat diterbitkan mencapai Rp 20 triliun.

Kendati demikian, pihaknya masih belum menentukan besaran jumlah dan waktu penerbitan kedua obligasi tersebut. "Tidak harus awal tahun, tapi pastinya tahun depan. Masih dalam rencana," sambungnya.

Baca Juga: Hentikan operasi, Rabobank masih buka peluang bagi investor yang ingin masuk

Sebelumnya, dalam artikel yang dimuat Kontan.co.id (28/10) lalu, Direktur Keuangan Bank Mandiri Panji Irawan menyebut pihaknya juga punya tambahan dana segar di tahun depan.

Dana tersebut merupakan obligasi rekapitalisasi (obligasi rekap) yang dikeluarkan pada tahun 1998 dalam rangka penyelamatan krisis dan diterbitkan pada tahun 2000 yang bakal jatuh tempo tahun 2020.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×