kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perluas Ekosistem Pembayaran, Danamon Tingkatkan Kerja Sama dengan LinkQu


Selasa, 16 Agustus 2022 / 14:22 WIB
Perluas Ekosistem Pembayaran, Danamon Tingkatkan Kerja Sama dengan LinkQu
ILUSTRASI. Logo Bank Danamon. REUTERS/Beawiharta/File Photo


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka memperluas ekosistem pembayaran bagi nasabah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) meningkatkan kerja sama dengan aplikasi transfer dana PT Tri Usaha Berkat (LinkQu) untuk menyediakan layanan transfer ke virtual account Danamon.

Firdody Istivano Fairahmad, Transaction Banking Digital & Customer Experience Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk mengatakan, sebagai bank pertama yang dapat memfasilitasi pembayaran virtual account melalui aplikasi LinkQu, Danamon bangga dapat memperdalam sinergi dan kolaborasi ini sehingga nasabah dapat menikmati ekosistem pembayaran digital yang lebih luas dan lebih mudah, terutama bagi segmen nasabah berbasis komunitas digital yang banyak didukung oleh perusahaan-perusahaan financial technology (Fintech).

Adapun yang dimaksud dengan nasabah berbasis digital adalah nasabah komersial/bisnis berbasis ekosistem Danamon (B2B2C) yang saat ini sudah menggunakan layanan API Danamon untuk kebutuhan transaksi dengan pelanggan akhir (end customer). Firdody mencontohkan, Bank Perkreditan Rakyat (BPR)/perusahaan fintech/e-commerce/digital yang merupakan pengguna layanan API virtual account Danamon juga dapat menerima pembayaran melalui aplikasi LinkQu.

"Dan salah satu keuntungan lain dari perluasan kerja sama ini adalah kini nasabah end customer yang merupakan perusahaan Fintech dapat melakukan pembayaran ke rekening virtual account perusahaan fintech tersebut di Danamon dengan menggunakan aplikasi LinkQu," kata Firdody dalam siaran pers, Selasa (16/8).

Baca Juga: DepositoBPR by Komunal Resmi Meluncurkan Fitur E-Deposito

Pengguna aplikasi LinkQu kini bisa menikmati fasilitas transfer antar bank dari/ke rekening giro atau tabungan Danamon dengan hemat bahkan gratis – tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Melalui LinkQu, pengguna dapat melakukan transfer dana ke virtual account Danamon dari berbagai bank dengan biaya lebih rendah.

Bagi Danamon, kerja sama dengan LinkQu sejalan tujuan dan strategi Danamon sebagai bagian dari Grup MUFG di era digital.

"Danamon memiliki aspirasi yang kuat untuk menyediakan solusi dan layanan keuangan yang relevan dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui berbagai produk, baik konvensional maupun syariah, dan berbagai channel agar tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan, terutama di tengah munculnya bank digital dan perusahaan teknologi keuangan," ujar Firdody.

Secara khusus, kerja sama dengan LinkQu sesuai dengan strategi Danamon yaitu memperluas jangkauan nasabah dan peningkatan pengalaman nasabah (customer experience), melalui berbagai pengembangan di bidang digital dengan upaya peningkatan kapabilitas dan kemitraan dengan perusahaan teknologi keuangan (fintech).

Didin Noor Ali, Chief Executive Officer PT Tri Usaha Berkat mengatakan, Indonesia merupakan negeri yang besar, dan dewasa ini sedang mengalami kemajuan luar biasa. Hal ini antara lain didorong oleh pemanfaatan teknologi keuangan yang sangat besar.

"Merupakan sebuah kebanggaan yang sangat kami apresiasi untuk bekerja sama dengan Danamon dalam rangka memberikan solusi dan membantu meningkatkan financial literacy dan financial access pada masyarakat luas sebagai bentuk turut serta kami dalam meningkatkan ekonomi digital tanah air,” ujar Didin.

Dalam rangka meningkatkan financial literacy, LinkQu juga melakukan edukasi terkait keuangan digital, terutama terkait transaksi cashless melalui kerja sama dengan BPR.

Baca Juga: Solusi Menyeluruh Layanan Perbankan Digital Bantu Jaga Likuiditas Rumah Sakit

LinkQu sendiri merupakan perusahaan fintech yang fokus pada layanan transfer dana beda bank yang mendapatkan izin dan diawasi oleh Bank Indonesia. Terdapat dua fitur utama LinkQu, yaitu Terima Uang dan Kirim Uang.

Dengan fitur Terima Uang, pengguna dapat menerima pengiriman dana dengan menggunakan berbagai metode pembayaran mulai dari transfer bank, QRIS, hingga dompet digital. Sedangkan dengan fitur Kirim Uang, pengguna dapat mengirimkan dana ke semua bank di Indonesia dan dompet digital tanpa biaya administrasi.

LinkQu mulai beroperasi pada akhir 2020, dan saat ini telah memiliki basis pelanggan sebesar lebih dari 30.000 pengguna perorangan dan lebih dari 150 pengguna bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×