kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45867,20   12,42   1.45%
  • EMAS1.371.000 1,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peyaluran Kredit UMKM BCA Tumbuh 12,1%, Belum Ada Rencana Kerek Suku Bunga


Kamis, 23 Mei 2024 / 23:22 WIB
Peyaluran Kredit UMKM BCA Tumbuh 12,1%, Belum Ada Rencana Kerek Suku Bunga
ILUSTRASI. EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn menegaskan komitmen BCA untuk terus melakukan pembinaan berkelanjutan, fokus pada kemitraan dengan komunitas, dan pemanfaatan potensi wisata berbasis komunitas.


Reporter: Aldehead Marinda | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyatakan bahwa UMKM berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional. BCA, yang menyalurkan pembiayaan kepada UMKM, mencatat total penyaluran kredit mencapai Rp 117,7 triliun pada Maret 2024, naik 12,1% dari periode sebelumnya.

EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, menegaskan komitmen BCA untuk mendukung perkembangan UMKM. Meskipun begitu, BCA masih mempertahankan suku bunga kredit yang ada dan belum berencana untuk menyesuaikannya dalam waktu dekat. 

“Sejauh ini, BCA belum menyesuaikan suku bunga kredit di segmen UKM. BCA juga memberikan suku bunga spesial untuk kredit UMKM berbasis lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST) serta pengusaha wanita,” kata Hera kepada Kontan, Jumat (23/5).

Baca Juga: Sejumlah Bank Catatkan Pertumbuhan Positif pada Bisnis Cash Management

BCA berkomitmen mengoptimalkan penyaluran kredit ke sektor UMKM dan mendukung pencapaian target Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM) yang ditetapkan pemerintah. 

“BCA memiliki berbagai program untuk mendukung UMKM, seperti program Bangga Lokal dan UMKM Fest. Melalui program Bakti BCA, kami juga memberikan pelatihan manajemen keuangan dan strategi pengembangan usaha serta pengenalan marketplace,” ujar Hera.

Hingga akhir tahun lalu, BCA telah bekerja sama dengan Kemenkop UKM dalam program Bakti BCA yang mendukung lebih dari 1.000 sertifikat halal gratis bagi UMKM di 11 kota. Program ini akan terus dilanjutkan pada 2024 dengan target yang lebih besar.

Dilansir dari situs resminya, BCA mendukung UMKM dengan penawaran suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) mulai dari 6%-9% per tahun.

Baca Juga: Bisnis Paylater Semakin Tokcer, Pemain Baru Terus Bermunculan

Menyambut Hari Kartini pada April lalu, BCA menawarkan promo spesial Kredit Multiguna Usaha (KMU) Kartini dengan suku bunga mulai dari 3,21% per tahun, berlaku dari 1 April hingga 30 Juni 2024, khusus untuk pengusaha perempuan atau usaha dengan mayoritas karyawan perempuan.

Untuk pinjaman BCA Personal Loan yang bukan KUR di 2024, plafon maksimal adalah Rp 100 juta tanpa jaminan, dengan bunga mulai dari 1%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×