kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sejumlah Bank Catatkan Pertumbuhan Positif pada Bisnis Cash Management


Kamis, 23 Mei 2024 / 19:15 WIB
Sejumlah Bank Catatkan Pertumbuhan Positif pada Bisnis Cash Management
ILUSTRASI. Petugas Teller PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. menghitung uang kertas di salah satu Kantor Cabang Bank BTN Jakarta, Senin (18/5). Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Bank BTN mengalokasikan dana senilai Rp12,5 triliun. Dana tersebut dianggarkan untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan uang tunai yang diprediksi akan meningkat pada H-5 hingga H+3 setelah Idul Fitri./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/18/05/2020.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah perbankan mencatatkan pertumbuhan yang positif dalam transaksi cash management. Pertumbuhan ini turut mendorong pendapatan berbasis komisi alias fee based income dan juga dana murah bank.

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) misalnya, yang mencatatkan pertumbuhan pengguna BTN Cash Management sudah meningkat 10% dari awal tahun sampai dengan April 2024. Adapun, secara volume transaksi meningkat 11% secara tahunan atau year on year (YoY) dengan nilai transaksi mencapai Rp 63,7 triliun.

"Tahun ini kami fokus kepada nasabah eksisting agar dapat aktif bertransaksi terutama nasabah debitur sehingga jumlah nasabah tidak hanya angka namun juga berkualitas dari sisi penggunaan BTN Cash Management," kata Ramon Armando, Corporate Secretary BTN kepada kontan.co.id, Rabu (22/5).

Baca Juga: Genjot Realisasi KPR Non Subsidi, BTN Resmikan Sales Center Baru di 3 Kota Besar

Sampai dengan April 2024, pengguna BTN Cash Management juga telah berjumlah 15.600 company. Nasabah Cash Management BTN juga Masih di dominasi nasabah dari industri property related seperti developer, kontraktor, education, dan healthcare.

Hingga akhir tahun, Perseroan menargetkan nasabah pengguna BTN Cash Management dapat mencapai 17.000 Company.

"Tahun ini kami juga menargetkan peningkatan jumlah transaksi dan volume meningkat 10% dari tahun lalu menjadi sekitar 1,5 juta transaksi dengan volume Rp 180 triliun," ujar Ramon.

Ramon mengatakan, Cash Management memang masih menjadi layanan champion di BTN untuk institusi dimana 70% dana pihak ketiga ditopang oleh institusi. Pihaknya juga banyak melakukan peningkatan fitur dan kemudahan layanan pada Cash Management System agar menarik minat nasabah untuk bertransaksi.

Baca Juga: BRI Raih Tiga Gelar Bergengsi Euromoney Trade Finance Award 2024

Selain peningkatan aktivasi transaksi melalui pendekatan nasabah eksisting, dalam menggenjot bisnis ini, pihaknya juga akan menambahkan banyak fitur baru yang memberikan kemudahan khususnya kepada nasabah ekosistem industri property related.

Kemudian, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) juga melakukan berbagai pengembangan bisnis dan inovasi layanan Cash Management, untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang berkembang. 

EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, kemudahan dan fleksibilitas transaksi yang ditawarkan oleh Cash Management BCA turut berkontribusi dalam menjaga arus kas dalam ekosistem BCA, sehingga menopang pertumbuhan dana pihak ketiga, khususnya CASA. 

Hingga Maret 2024, jumlah nasabah yang menggunakan layanan Cash Management BCA tumbuh sebesar 13% YoY.

"Cash Management BCA menjalankan berbagai strategi, yakni membangun ekosistem digital melalui Open Banking API berbasis SNAP, Multi Payroll, deepening & expanding komunitas bisnis, pengembangan solusi tailor made yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, serta meningkatkan customer engagement dan people excellence," ungkap Hera.

Dalam pengembangan layanan Cash Management, BCA juga memanfaatkan big data, data analytics dan business intelligence untuk mendukung keputusan bisnis, serta memperluas kolaborasi melalui digital strategic partnership sebagai salah satu bentuk value-added services.

Baca Juga: Laba Bank Muamalat Tergerus 72,7% YoY Jadi Rp 2,78 Miliar pada Kuartal I-2024

Adapun pertumbuhan transaksi dan nasabah Cash Management BCA turut berkontribusi positif bagi kenaikan pendapatan selain bunga BCA. Secara keseluruhan, pendapatan selain bunga BCA naik 6,8% YoY menjadi Rp 6,4 triliun pada kuartal I-2024, ditopang pendapatan fee dan komisi yang tumbuh 8,6% YoY. 

"Ke depan, kami berharap bisnis cash management BCA dapat terus bertumbuh positif di 2024. Kami akan terus menghadirkan inovasi solusi serta meningkatkan sinergi  melalui pengembangan digital strategic partnership guna menciptakan seamless ecosystem yang akan menjamin kenyamanan dan kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi," pungkas Hera.




TERBARU

[X]
×