kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45794,88   -0,45   -0.06%
  • EMAS942.000 0,43%
  • RD.SAHAM 0.14%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.04%

Premi industri reasuransi diramal naik di tahun ini


Kamis, 16 Januari 2020 / 17:36 WIB
Premi industri reasuransi diramal naik di tahun ini
ILUSTRASI. perusahaan reasuransi atau reinsurance PT Reasuransi MAIPARK Indonesia 

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pendapatan premi industri reasuransi diproyeksi meningkat tahun ini. Seiring dengan tren pertumbuhan pendapatan premi tahun lalu dan akan berlanjut pada tahun berikutnya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, sampai November 2019 pendapatan premi industri reasuransi meningkat hingga 23,22% secara year on year (yoy) menjadi Rp 20,27 triliun.

Baca Juga: Selamatkan Jiwasraya, pemerintah godok PP holding asuransi

Kepala Bagian Pengawas Asuransi Umum OJK Rianto, memperkirakan pendapatan premi reasuransi masih naik tahun ini berkat Peraturan OJK (POJK) Nomor 14/POJK.05/2015 Tentang Retensi Sendiri dan Dukungan Reasuransi Dalam Negeri.

“Berkat POJK 14, perusahaan reasuransi mulai taat meningkatkan reasuransi di dalam negeri dan ini merupakan indikasi bagus. Potensi preminya mudah-mudahan naik seperti tahun lalu,” kata Rianto di Jakarta, Rabu (15/1).

Ambil contoh saja, pada pasal 7 disebutkan, perusahaan asuransi wajib memperoleh dukungan reasuransi 100% dari reasuradur dalam negeri untuk pertanggungan yang memiliki risiko sederhana. Secara otomatis, reasuransi wajib memprioritaskan kepada reasuradur dalam negeri.

PT Reasuransi Maipark Indonesia menargetkan premi sekitar Rp 450 miliar di 2020 atau lebih tinggi dari tahun lalu. Direktur Utama Maipark Ahmad Fauzi Darwis menjelaskan, bisnis reasuransi akan tumbuh jika kondisi pasar stabil dan praktik engineering fee sudah tidak ada.

Baca Juga: Kasus menyeruak, agen Jiwasraya berdondong-bondong pindah ke asuransi lain

“Target tersebut tidak terlalu tinggi, jika industri tumbuh maka bisnis asuransi juga tumbuh, di mana premi asuransi asuransi diperkirakan naik 15%-20% yoy” ungkapnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×