kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cita-Cita Desa Megulung Kidul Mengembangkan UMKM Usai Jadi Desa BRILiaN


Kamis, 11 Januari 2024 / 16:53 WIB
Cita-Cita Desa Megulung Kidul Mengembangkan UMKM Usai Jadi Desa BRILiaN
ILUSTRASI. Kontan - BRI Kilas Online


Reporter: Dendi Siswanto, Harris Hadinata, Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - PURWOREJO. Desa Megulung Kidul mendapat gelar juara III dalam ajang Desa BRILiaN 2022 yang digelar Bank Rakyat Indonesia (BRI). Warga desa yang terletak di Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ini mengaku mendapat banyak manfaat dari mengikuti ajang Desa BRILiaN tersebut.

Setelah menjadi desa binaan BRI tersebut, Desa Megulung Kidul memperoleh dana dari kegiatan corporate social responsibility (CSR) BRI. "Alhamdulilah setelah kompetisi Desa BRILiaN kami juga menerima CSR berupa dana sebesar Rp 1 miliar dari BRI, ini sangat membantu sekali, sangat bermanfaat sekali," ujar Malik Khairul Anam, Kepala Desa Megulung Kidul.

Megulung Kidul antara lain memanfaatkan dana CSR tersebut untuk mendorong pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), juga usaha di segmen ultra mikro, yang ada di kawasan tersebut. Salah satunya dengan mendirikan showroom bagi pengusaha UMKM.

Baca Juga: Penyaluran Pembiayaan Mekaar Terus Mencetak Rekor

Showroom tersebut berada di area Dusun Sabin, tempat usaha yang dimiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Megulung Kidul. Saat KONTAN mendatangi kawasan yang akan jadi lokasi showroom tersebut di awal Desember lalu, showroom tersebut masih dibangun.

Tampak para pekerja tengah sibuk memasang genteng untuk atap showroom tersebut. Showroom tersebut dibentuk seperti rumah joglo. Yang menarik, kayu yag digunakan asli yang terbuat dari kayu jati.

Hamzah, Direktur BUMDes Kridha Manunggal Jaya, menuturkan, kayu yang digunakan membuat joglo tersebut merupakan bekas bangunan lain. Maklum, mencari kayu jati yang asli saat ini sudah sulit.

Malik menggambarkan, setelah selesai, bagian dalam showroom ini nanti akan berbentuk seperti supermarket, yang berisi produk-produk UMKM. Desa Megulung Kidul menargetkan setidaknya ada produk dari 100 UMKM yang akan dijajakan di showroom ini.

Baca Juga: BRI Dukung Kemandirian Desa Megulung Kidul Lewat Program Desa BRILiaN

Showroom UMKM Megulung Kidul ini nantinya bukan hanya menawarkan produk dari UMKM yang ada di Desa Megulung Kidul. “Kami mengundang berbagai UMKM yang ada di Kecamatan Pituruh,” tutur Malik.

Dengan demikian, kehadiran showroom ini ditargetkan juga bisa mendorong perkembangan UMKM di daerah Kecamatan Pituruh. “Harapan kami Februari sudah beroperasi,” ungkap Malik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×