kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Satgas Waspada Investasi Jaring 20 Entitas Investasi Ilegal & 105 Pinjol Tak Berizin


Selasa, 19 April 2022 / 18:49 WIB
Satgas Waspada Investasi Jaring 20 Entitas Investasi Ilegal & 105 Pinjol Tak Berizin
ILUSTRASI. Sejumlah anak membaca bersama di dekat dinding bermural di kawasan Tempurejo, Surabaya, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/hp.


Reporter: Cornelia Agata | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Satgas Wapada Investasi (SWI) masih terus melanjutkan patroli untuk memberantas berbagai entitas maupun layanan pinjol ilegal dan tak berizin. Patroli kali ini, SWI kembali menemukan 20 entitas investasi ilegal dan 105 pinjol tanpa izin.

Hingga Maret 2022, SWI berhasil menemukan 20 entitas yang melakukan penawaran investasi tanpa izin. Pelanggaran dari 20 entitas beragam, berdasarkan data yang ditemukan oleh SWI, 20 entitas terbagi dalam empat jenis pelanggaran yakni 9 entitas melakukan money gamer, 3 entitas melakukan kegiatan robot trading tanpa izin, 3 entitas melakukan kegiatan perdagangan asset kripto tanpa izin, dan 5 entitas melakukan pelanggaran lain-lain.

Dalam patroli yang sama, SWI berhasil menemukan 105 pinjaman online ilegal yang beroperasi menawarkan pinjaman ke masyarakat. 

Sebanyak 105 pinjol ilegal yang ditemukan, SWI langsung melakukan komunikasi lanjutan dengan kominfo untuk memproses pemblokiran terhadap situs dan aplikasi yang digunakan untuk pinjol ilegal.

Baca Juga: Investasi Ilegal Berkedok Komoditi Berjangka Marak

Patroli ini akan terus dilakukan secara terus menerus oleh seluruh anggota SWI dari 12 Kementerian/Lembaga. Penemuan yang diperoleh SWI tidak dapat diproses secara hukum, SWI hanya memiliki kewenangan untuk menutup atau memblokir akses terhadap layanan ilegal baik melalui website/situs/aplikasi dan mengumumkannya kepada masyarakat agar tetap berhati-hati.

Berdasarkan data SWI, sejak awal 2018 hingga Maret 2022, SWI sudah berhasil menghentikan sebanyak 19 entitas robot trading tanpa izin, 634 platform perdagangan berjangka komoditi tanpa izin (termasuk binary option), dan menutup sebanyak 3.889 pinjol ilegal. 

Meski ribuan entitas sudah diberhentikan, pihak SWI juga mendorong adanya penegakan hukum yang diberikan pada pelaku pinjaman online ilegal dengan cara melakukan pemblokiran situs dan aplikasi agar tidak dapat diakses kembali oleh masyarakat.

SWI juga memberikan penekanan kepada masyarakat, apabila mendapati tawaran investasi yang mencurigakan serta pinjol yang tidak terdaftar di OJK, masyarakat disarankan untuk langsung melaporkannya ke Layanan Konsumen OJK 157, email konsumen@ojk.go.id, ataupun melalui waspadainvestasi@ojk.go.id agar dapat diproses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×