kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Sejumlah perusahaan pembiayaan masih andalkan pendanaan offshore


Senin, 28 Oktober 2019 / 20:36 WIB
Sejumlah perusahaan pembiayaan masih andalkan pendanaan offshore
ILUSTRASI. Stan lembaga pembiayaan atau multifinance Buana Finance saat pameran pasar keuangan rakyat di Jakarta (21/12/2014). Sejumlah multifinance mengandalkan pendanaan dari pinjaman sindikasi asing alias offshore di sisa tahun 2019 ini.

Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Komarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah perusahaan pembiayaan atau multifinance mengandalkan pendanaan dari pinjaman sindikasi asing alias offshore di sisa tahun 2019 ini.

Misalnya, PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) dalam waktu dekat ini akan mendapatkan pendanaan offshore. "Iya, dalam waktu dekat ini kami akan mendapatkan pendanaan offshore," kata Direktur Bisnis BRI Finance Handayatni Ariefiana Harjanti kepada Kontan.co.id, Kamis (17/10).

Sayangnya ia masih enggan merinci besaran nilai pinjaman yang diperoleh dan siapa yang memberi pinjaman. Handayatni hanya bilang, pinjaman ini akan digunakan untuk pembiayaan konsumer kerjasama dengan Honda Mugen, sub komersial maupun leasing.

Baca Juga: Tingkatkan pembiayaan, multifinance garap nasabah dari induk perusahaan

PT Buana Finance Tbk belum lama ini juga telah mendapatkan pinjaman sindikasi asing. Sekretaris Perusahaan Buana Finance Ahmad Khaetami mengatakan, pihaknya telah mendapatkan pinjaman sindikasi sebesar 2,4 miliar yen dari Standard Chartered Bank.

"Pinjaman sindikasi tersebut untuk pembiayaan konsumer. Hingga tutup buku akhir tahun ini masih belum ada kabar apakah akan ada lagi," kata Ahmad kepada Kontan.co.id, Senin (28/10).

Ketika Kontan.co.id bertemu dengan perwakilan Buana Finance pada bulan Mei 2019, di kuartal IV 2019, Buana Finance juga akan menerbitkan obligasi sekitar Rp 500 miliar hingga Rp 600 miliar. Namun, penerbitan obligasi tersebut akan melihat kondisi pasar.

Kini, rencana itu masih samar. "Untuk sampai akhir tahun belum ada rencana," jelas Ahmad.

Baca Juga: Industri multifinance bukukan pertumbuhan pembiayaan 3,53% per September

Sebelumnya Buana Finance juga telah memperoleh pendanaan dari sindikasi perbankan yaitu Bank BCA senilai Rp 1 triliun dan Rp 100 miliar dari Bank QNB Indonesia.





Close [X]
×