kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,71   -11,32   -1.32%
  • EMAS943.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Siasat Mudah Menabung untuk Beli Mobil Baru


Kamis, 24 Juni 2021 / 16:37 WIB
Siasat Mudah Menabung untuk Beli Mobil Baru
ILUSTRASI. Memiliki kendaraan sangat penting di daerah perkotaan. Oleh karena itu, penting menabung deposito dengan bunga terbaik.

Reporter: Tim KONTAN | Editor: indah sulistyorini

 

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pemberian relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk pembelian mobil baru bertujuan menarik minat masyarakat menengah ke atas untuk membeli kendaraan. Hasilnya, mulai terlihat masyarakat yang memutuskan untuk membeli kendaraan hingga pertengahan tahun ini.

Mobil sangat diperlukan jika Anda sudah memiliki keluarga kecil. Selain itu, jika Anda memiliki mobilitas tingggi, membeli mobil sudah pasti menghemat waktu perjalanan. Namun, masih ada juga sebagian masyarakat yang tak memiliki dana, tetapi memaksakan untuk membeli kendaraaan. Berutang pun menjadi solusi.

Cara menabung untuk beli mobil sering dianggap sulit. Apalagi kalau penghasilan Anda masih satu digit, seolah harapan memiliki kendaraan pertama tidak mungkin terwujud. Padahal, kalau Anda berkeinginan kuat, tidak ada yang mustahil dimiliki, termasuk mobil pertama.

Baca Juga: Cara Efektif Siapkan Dana Pernikahan di Masa Pandemi

Pertama, Anda menetapkan target tabungan. Sebelumnya, Anda pasti sudah menentukan merek mobil yang ingin dibeli berdasarkan pertimbangan kelebihan dan kekurangannya.

Nah, setelah mengetahui harga perkiraan mobil yang akan dibeli, Anda akan lebih mudah mengatur strategi menabung. Berdasarkan pemasukan dan pengeluaran bulanan, Anda bisa menentukan jumlah tabungan yang bisa disisihkan setiap bulan. Lalu, dari hasil penghitungan tersebut, bisa ditentukan kapan membeli mobil impian bisa terwujud.

Cara menabung untuk beli mobil selanjutnya adalah mengurangi budaya hidup hedon. Gaya hidup hedon atau menghambur-hamburkan uang ini tentu saja bisa menguras keuangan Anda setiap bulannya.

Biasanya, alasan yang membuat seseorang gagal menabung adalah karena uangnya terpakai untuk hal-hal lain. Misalnya, membeli kebutuhan rumah tangga, peralatan kerja, jajan, hingga hobi. Jangan sampai penghasilan yang sudah Anda disisihkan untuk membeli mobil justru terpakai untuk membeli barang lain.

Sebenarnya Anda tidak akan kesulitan menyiasatinya, yaitu dengan membuat tabungan khusus. Tabungan khusus ini bisa berupa membuka rekening di bank, membuat portofolio investasi, atau cara menabung tradisional sekali pun. Intinya, pastikan tabungan membeli mobil terpisah dari anggaran dana lain. Kemudian, usahakan untuk tidak mengutak-atik uang yang tersimpan pada tabungan ini dengan alasan apa pun.

Guna memaksimalkan dana yang disimpan, banyak instrumen investasi yang bisa Anda gunakan, misalnya deposito. Salah satu bank yang menawarkan program deposito dengan bunga menarik adalah PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (J Trust Bank).

Selama bulan ini, J Trust Bank menyelenggarakan program referralWin-Win-Win”, yang juga merupakan bagian dari program penempatan deposito "Tetap Semangat Melawan Corona" J Trust Bank.  Melalui program referral Win-Win-Win”, J Trust Bank mendonasikan sebesar suku bunga tahunan 0,1% dari total dana deposito yang terhimpun dari masyarakat.

Program yang telah berhasil pada tahun lalu tersebut dilanjutkan kembali pada 1 Juni 2021 hingga 30 Juni 2021.

Lewat program ini, J Trust Bank memberikan peluang bagi nasabah untuk memperoleh tiga keuntungan sekaligus. Pertama, bunga deposito tinggi. Kedua, reward bagi referentor (pengenal) yang mereferensikan calon nasabah untuk membuka rekening produk deposito J Trust. Ketiga, cashback untuk nasabah yang membuka rekening deposito berdasarkan referensi referentor.

Adapun, salah satu syarat mengikuti program referral “Win-Win-Win” adalah nasabah eksisting maupun nasabah baru J Trust Bank. Jumlah deposito yang disetor minimum Rp10 juta (berlaku kelipatan) dan maksimum Rp1 triliun, dan tidak harus 1 bilyet/advice per nasabah/per CIF.

Jangka waktu deposito yang tersedia, yaitu 3 bulan dan 6 bulan. Suku bunga deposito yang didapat mencapai 5% per tahun. Setelah penempatan baru rekening deposito tersebut, deposan akan memperoleh cashback senilai 0,25% per tahun (per annum/p.a) dari nominal. Jika terdapat referentor yang mereferensikan deposan membuka rekening di J Trust Bank, referentor akan mendapatkan cashback senilai 0,25% p.a dari nominal.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program-program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi www.jtrustbank.co.id atau dapat menghubungi J Trust Call 1500 615.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×