kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Solusi Sinergi (WIFI) dukung digitalisasi gudang KUD


Kamis, 15 April 2021 / 15:57 WIB
Solusi Sinergi (WIFI) dukung digitalisasi gudang KUD
ILUSTRASI. Ilustrasi Koperasi Indonesia; logo Koperasi Indonesia


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Koperasi Unit Desa (KUD) melakukan transformasi dan modernisasi untuk memaksimalkan bisnis dan pelayanan. Transformasi ini salah satunya dilakukan melalui pengembangan sistem manajemen pergudangan online yang siap untuk diintegrasikan di KUD di seluruh Indonesia.

Transformasi pergudangan ini kini tengah dilakukan oleh Induk Koperasi Unit Desa (INDUK KUD) dengan menggandeng PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI), perusahaan ekosistem digital terdepan yang bergerak pada pengembangan software dan aplikasi, jaringan infrastruktur dan media iklan.

“Di tengah upaya revitalisasi dan juga transformasi yang dilakukan oleh INDUK KUD, manajemen pergudangan berbasis digital akan memberikan banyak kemudahan dan peluang baru bagi KUD di seluruh Indonesia, mulai dari sistem database, pengaturan inventory, hingga tracking pasokan produk yang masuk dan keluar gudang. Sebagai solusi-preneur atau enabler dari transformasi digital di Indonesia, kami memiliki ekosistem layanan lengkap yang akan sangat mendukung proses digitalisasi pergudangan KUD,” jelas Direktur Utama PT Solusi Sinergi Digital Tbk Hermansjah Haryono dalam siaran pers, Kamis (15/4).

Selain pengembangan software yang tengah dilakukan, menurut Hermansjah, secara bertahap perusahaan juga akan mengintegrasikan dua layanan lainnya, yaitu jaringan infrastruktur dan media iklan, untuk memaksimalkan manfaat yang diberikan dalam kerjasama ini.

Baca Juga: MenkopUKM dorong UMKM dan koperasi masuk rantai pasok industri komponen otomotif

“Digitalisasi pergudangan yang tengah kami lakukan dengan pengembangan software secara langsung juga turut menciptakan suatu ekosistem logistik terintegrasi yang menghubungkan seluruh KUD di Indonesia. Dukungan Surge akan mencakup mulai dari penyediaan fasilitas pergudangan yang inventorynya bisa dimonitor secara online, infrastruktur gudang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, tim operasional, hingga kurir pengantaran,” jelas Hermansjah.

Menurutnya, dengan ekosistem bisnis yang pihaknya miliki, pihaknya percaya akan dapat memberikan banyak peluang untuk KUD Indonesia berkembang dan menjawab tantangan industri dan ekonomi masa kini.

Ia menjelaskan, digitalisasi ini sejalan dengan rencana pengembangan jaringan usaha INDUK KUD yang ke depan akan memberdayakan warung-warung kecil sebagai mitra usaha baru. Proses monitor gudang yang berjalan secara real time dan dapat diakses oleh seluruh KUD ini juga akan mempermudah pedagang warung untuk proses memesan dan menyimpan barang yang disesuaikan dengan permintaan pasar.

Direktur Utama Induk Koperasi Unit Desa (Induk KUD) Portasius Nggedi mengatakan, pengembangan aplikasi ini akan mengintegrasikan data dari kurang lebih sekitar 5.600 jaringan KUD di seluruh Indonesia. Integrasi ini sejalan dengan upaya kami dalam memperluas jangkauan mitra usaha hingga ke skala mikro seperti pedagang warung.

"Dengan demikian mereka memiliki kesempatan untuk tumbuh dan berkembang bersama INDUK KUD. Dengan semakin luasnya jangkauan mitra usaha yang kami bantu, kami harapkan dapat menjadi sumber lapangan pekerjaan baru, membantu mengurangi angka pengangguran yang tinggi akibat pandemi dan mendorong optimalisasi ekonomi mikro di pedesaan,” katanya.

Sejalan dengan proses digitalisasi yang dilakukan, dukungan pengembangan aplikasi ini akan turut membantu memaksimalkan layanan usaha yang dimiliki KUD serta mendorong pendapatan INDUK KUD dan jaringannya. Surge optimis atas potensi besar dari kolaborasi dengan INDUK KUD dalam membantu pemulihan perekonomian nasional pasca pandemi.

Selanjutnya: UMKM ingin dapat BPUM 2021 Rp 1,2 juta? Ini cara dan syaratnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×