kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,33   -9,49   -1.05%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Stroberi Kasir, Aplikasi Buatan BRI untuk Membantu Pembukuan Pengusaha Cilik


Senin, 19 Februari 2024 / 15:00 WIB
Stroberi Kasir, Aplikasi Buatan BRI untuk Membantu Pembukuan Pengusaha Cilik
ILUSTRASI. kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online. Konsumen melakukan pembayaran menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) di salah satu kafe di Jakarta, Senin (16/11). Hingga pekan akhir Oktober 2020, jumlah merchant yang menggunakan QRIS telah mencapai 5,1 juta. Dari jumlah tersebut, mayoritas pengguna QRIS merupakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang mencapai 84,93 persen atau sekitar 4,4 juta merchant./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/16/11/2020.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Holding Ultra Mikro (UMi) serius berupaya meningkatkan akses segmen masyarakat ultra mikro dan mikro ke produk-produk keuangan. Holding perusahaan keuangan yang terdiri dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) ini berharap bisa mendorong taraf hidup masyarakat.

Salah satu target dari Holding UMi ini memang memberdayakan masyarakat agar bisa naik kelas. “Dari ultra mikro naik kelas jadi mikro, lalu naik kelas jadi menengah dan seterusnya. Seiring kenaikan itu, produk keuangan yang bisa diakses juga menyesuaikan, dari awalnya produk keuangan ultra mikro, lalu naik jadi kelas mikro dan seterusnya,” tutur Sunarso, Direktur Utama BRI kepada wartawan dari Davos, saat menghadiri World Economic Forum pertengahan Januari lalu.

Holding Ultra Mikro bukan sekadar membantu usaha ultra mikro dan UMKM berkembang dari segi pendanaan. Entitas anggota Holding UMi ini juga membantu pengembangan usaha kecil dari sisi infrastruktur. Ini dilakukan lewat sejumlah produk yang bisa membantu operasional usaha kecil.

Baca Juga: Lewat Pegadaian, BRI Bantu UMKM dengan Pembiayaan Usaha Syariah

Salah satunya produk Stroberi Kasir yang dikembangkan oleh BRI. Stroberi kasir adalah aplikasi manajemen kasir berbasis Android yang berfungsi untuk pencatatan transaksi, pengelolaan persediaan, tatakelola dan administrasi usaha, serta layanan keuangan.

Aplikasi ini juga memudahkan pengusaha kecil mengawasi dan mengevaluasi tagihan. Dengan Stroberi Kasir, pengusaha dapat mengetahui riwayat pembayaran dan mengawasi tagihan yang telah dibayarkan saat itu juga. Aplikasi ini juga memiliki fungsi analisa tagihan, yang bisa membantu pengusaha membuat keputusan untuk mendorong bisnis, berdasarkan data dan tren.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui Google PlayStore. Semua fitur yang ada di aplikas ini juga bisa digunakan secara gratis.

BRI pertama kali meluncurkan aplikasi ini pada Maret 2020 silam. Kini, sudah banyak pelaku bisnis yang merasakan manfaat aplikasi ini. Misalnya para pengusaha UMKM di Desa Megulung Kidul, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Baca Juga: Lewat Desa BRILiaN, Jumlah Nasabah Penabung Meningkat 47,7% Secara Tahunan

Desa ini merupakan salah satu desa yang memperoleh penghargaan di ajang Desa BRILiaN BRI. Menurut Kepala Desa Megulung Kidul Malik Khairul Anam, produk Stroberi Kasir sangat bermanfaat untuk membantu pengembangan bisnis pelaku UMKM di wilayahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×